Yen

Apa itu Yen Jepang? – Penjelasan tentang Yen

Jepang merupakan salah satu negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Saat Anda ingin berkunjung ke negara tersebut maka tentu wajib mengetahui terlebih dahulu JPY (definisi Yen Jepang). Pasalnya, setiap aktivitas yang akan dilakukan nantinya pasti berkaitan dengan mata uang yang berlaku di negara tersebut.

JPY (Definisi Yen Jepang)

Jepang adalah salah satu negara yang mempunyai mata uang resminya sendiri. Sama seperti di Indonesia yang dikenal dengan nama Rupiah. Oleh karena itu, tentu saja tidak dapat pergi ke negara tersebut apabila menggunakan uang Rupiah karena sangat diperlukan mata uang Yen.

Lantas apa itu Yen? Yen sering disebut dengan JYP merupakan singkatan atau simbol mata uang untuk Yen Jepang (JYP). Mata uang ini sendiri terdiri mulai dari 100 sen atau 1000 rin serta sering dijadikan sebagai simbol. Awalnya, keberadaan Yen merupakan ukuran untuk modernisasi negara secara ekonomi.

Oleh karena itu, saat Anda ingin berkunjung ke Jepang ada baiknya untuk memahami tentang mata uang tersebut. Sangat dianjurkan sebelum keluar bandara yang ada di Jepang sudah mengantongi mata uang Yen resmi Jepang agar setiap kegiatan yang ingin dilakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sejarah Mata Uang Yen Jepang

Pemerintah Meiji pada tahun 1971 resmi menjadikan mata uang Yen saat itu. Adapun sirkulasi pertama mata uang tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1872 saat menggantikan mata uang Mon pada masa pemerintahan Edo di Negara Jepang.

Pada saat itu, mata uang Mon kehilangan sebagian besar nilainya. Terutama pada akhir Perang Dunia kedua serta dipatok ke dolar Amerika Serikat sekitar tahun 1949. Saat Amerika Serikat keluar dari standar emas mereka di tahun 1971, mulailah yen terdevaluasi.

Sejak tahun 1973 Yen sudah menjadi salah satu mata uang yang mengambang. Yakni naik dan turun terhadap dolar dengan nilai tukar internasionalnya. Pada dasarnya, Yen merupakan satuan dolar AS yang berasal dari pecahan delapan Spanyol. Yakni koin perak yang nilainya sekitar satu ons.

Perkembangan Mata Uang Yen

Perkembangan tentang mata uang di Negara Jepang tentu saja sangat penting untuk diketahui. Terlebih apabila Anda akan beraktivitas di negara dengan julukan matahari terbit tersebut. Nantinya, semua aktivitas yang dilakukan akan berhubungan dengan mata uang Yen,

Pada tahun 2018 sendiri, Yen menjadi salah satu mata uang yang memiliki kinerja terbaik oleh CNBC. Hal tersebut diperkirakan akan melebihi dolar Amerika Serikat terutama dalam hal kekuatannya. Sementara itu, kinerja Jepang di tahun 2017 juga cukup kuat mengingat permintaan ekspor & likuiditas Bank of Japan.

Adanya pertumbuhan ekonomi di Jepang tersebut disebut sebagai alasan Yen mendapatkan sebuah apresiasi. Dapat dikatakan bahwa mata uang Yen memiliki prospek investasi yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mata dolar Amerika Serikat.

FAQ

Apa Mata Uang Negara Jepang?

Mata uang Negara Jepang adalah Yen. Dalam forex atau perdagangan mata uang asing sendiri, Yen Jepang merupakan salah satu mata uang yang paling banyak digunakan di dunia hingga saat ini. Hal tersebut bersamaan dengan dollar Amerika, euro yang ada di Uni Eropa, serta pound sterling di Inggris.

Untuk jenis besaran mata uangnya sendiri terbilang cukup beragam. Dimana mata uang Yen tersebut terdiri dari uang kertas dan juga koin. Pada uang koin terdiri dari pecahan lima Yen sampai lima ratus Yen. Sementara pada uang kertas terdiri dari seribu Yen sampai sepuluh ribu Yen.

Berapa Nilai Mata Uang Yen Terhadap Rupiah?

Jepang merupakan salah satu negara maju yang memiliki perekonomian cukup stabil. Hal itulah yang memberikan dampak kepada nilai tukar Yen terhadap mata uang asing yang stabil pula. Adapun nilai konversi mata uang tersebut dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Berdasarkan bulan Juni 2021, nilai tukar mata uang 1 Yen saat ini adalah 130,76 Rupiah Indonesia. Sementara itu, untuk nilai tukar mata uang 1 Yen saat ini sama dengan 0,0090 Dollar Amerika Serikat. Berdasarkan hasil tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa nilai tukar Yen Jepang cukup tinggi.

Apa Saja Keunikan Mata Uang Yen Jepang?

Perlu diketahui bahwa Yen merupakan salah satu mata uang yang cukup unik di dunia. Apabila di negara lain memasang setiap pemimpin atau pahlawan mereka pada mata uang tersebut, maka berbeda dengan yang Negara Jepang lakukan.

Jepang sendiri lebih memilih untuk memasang orang biasa yang bergerak dalam bidan seni ataupun pendidikan untuk melengkapi gambar mata uang tersebut. keunikan lainnya adalah adanya blind code yang dapat memudahkan para tuna netra untuk mengetahui setiap nominal uangnya.

Itulah beberapa informasi mengenai JPY definisi Yen Jepang yang bisa diketahui. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke negara tersebut, maka pastikan untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai mata uangnya terlebih dahulu agar lebih mudah melakukan transaksi.