Vietnam Dong

Definisi Vietnam Đồng (VND)?

Di Vietnam mata uang resmi yang umum digunakan disebut dengan VND. Itu adalah singkatan yang dipakai untuk menyebut mata uang dengan bahasa asli Vietnam Đồng (VND). VND sendiri dikelola oleh Bank Negara Vietnam dengan menggunakan patokan pada dolar Amerika Serikat. 

Adapun kata Đồng adalah dari bahasa Vietnam yang dipakai untuk mendeskripsikan uang atau mata uang secara umum. Sehingga dengan aturan ini, semua mata uang nasional harus selalu menggunakan kata Đồng Vietnam. 

Mata uang resmi Vietnam ini diterbitkan pada tahun 1946 pada saat pemerintahan Viet Minh yang saat ini menjadi pemerintah Vietnam Utara. 

Mata uang Vietnam mempunyai banyak fakta yang menarik. Nah, ingin tahu fakta-fakta tentang mata uang Vietnam yang satu ini? Yuk cek beberapa fakta mengenai mata uang Vietnam ini.

Beberapa Fakta Mengenai Mata Uang Vietnam Đồng (Vnd)

Banyak yang masih memiliki pemahaman yang keliru tentang mata uang yang kini dipakai secara resmi di Vietnam ini. Berikut beberapa fakta yang perlu Anda ketahui seputar mata uang Vietnam ini. 

 1. Penerbitan mata uang Đồng Vietnam dilakukan oleh Bank Negara Vietnam pada saat Vietnam menderita inflasi yang sangat kronis

 2. Bahkan saat ini, pasar mata uang secara global menyebutkan mata uang Vietnam ini menjadi mata uang termiskin atau yang terlemah yang ada di dunia

 3. Koin Đồng Vietnam kini sudah tak lagi dicetak dan tak diterima lagi dalam transaksi perdagangan sehari-hari. Namun pihak bank masih tetap menerima uang koin Đồng sebagai alat pembayaran yang sah. 

 4. Mata uang ini sempat terpecah, namun Vietnam kembali menyatukan mata uang ini pada tahun 1978

 5. Vietnam pernah menggunakan mata uang Perancis yang disebut French Indocine

Perpecahan mata uang ini terjadi ketika terjadi perang saudara setelah negara Perancis melepaskan jajahannya pada Vietnam. Perang saudara ini terjadi karena adanya perbedaan prinsip dan ideologi yang dimiliki kedua kubu. 

Dampak dari perang saudara adalah dimana Vietnam terpecah menjadi dua yaitu Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Mata uang yang digunakan pun ikut terpecah sesuai bagiannya masing-masing. Untungnya perang ini tak berlangsung lama sehingga mata uang Vietnam Đồng (VND) pun bisa menyatu kembali. 

Menguatnya Mata Uang Vietnam Di Pasar Valuta Asing

Menurut Bloomberg, Vietnam dianalisa mulai memiliki peralihan dari ekonomi pertanian ke bidang pusat manufaktur serta perakitan elektronik pada tahun 2017. 

Hal itu diperkuat dengan dilakukannya penanaman modal yang besar oleh Samsung Electronics Korea. Dimana hal ini menjadi pertanda bahwa ekonomi Vietnam sudah tumbuh sekitar 6 persen lebih dalam kurun waktu sekitar 2 tahun. 

Kemajuan ini menjadi prestasi perekonomian yang tumbuh paling cepat di dunia dan menjadi mata uang yang paling stabil kedudukannya. 

Bentuk Fisik Mata Uang Vietnam Đồng (Vnd)

Jika dilihat dengan seksama, tulisan Đồng pada mata uang Vietnam Đồng (VND) memang tak ditulis dengan tulisan huruf biasa. Namun dengan huruf khusus yang kemudian jika Anda mendengarkan Google translate mengejanya, maka yang terdengar adalah dom. 

  • Simbol khusus yaitu dengan tulisan ₫
  • Kode ISO 4217 untuk mata uang ini adalah VND yang lebih umum dikenal di dunia perbankan dan bisnis
  • Kata Đồng berasal dari kata Đồng tiền yang memiliki arti tembaga. Yang mana jika ditelusuri lebih dalam, kata ini ternyata masih memiliki rumpun yang sama dengan bahasa China. 
  • Satuan terkecil yang dimiliki Đồng Vietnam adalah Hao. Dengan perbandingan satu Đồng Vietnam hanya setara dengan 10 Hao. 
  • Karena pecahan mata uang Hao adalah yang terkecil, sehingga sama sekali tak bisa digunakan untuk transaksi jual beli setiap harinya

Alasan Mengapa Mata Uang Vietnam Menjadi Yang Terlemah

Sesuai dengan logika, bahwa jika ada mata uang yang paling kuat maka tentunya ada mata uang yang paling lemah di dunia. Dan untuk jenis mata uang yang paling lemah di dunia ternyata dipegang oleh mata uang Vietnam Đồng (VND). 

Kekuatan yang dimiliki oleh mata uang tentunya dipengaruhi oleh banyak hal. Bahwa kekuatan sebuah nilai mata uang negara menunjukkan seberapa tinggi perkembangan dan kestabilan ekonomi yang dimilikinya. 

Mata uang Vietnam menjadi salah satu mata uang yang paling lemah di wilayah Asia Tenggara. Dan hal ini ternyata disebabkan karena negara Vietnam masih dalam kondisi masa transisi bidang ekonomi yang terpisahkan ke ekonomi pasar secara universal. 

Menurut pemerintah negara Vietnam, mereka sudah melakukan banyak sekali usaha untuk bisa mengejar ketertinggalan dalam bidang ekonomi negara sehingga bisa lebih menguatkan posisi perekonomian mereka. 

Analisis Kegiatan Manipulatif Nilai Mata Uang Oleh Vietnam

Banyak negara yang melakukan analisis mendalam terkait kegiatan manipulatif nilai mata uang yang dilakukan oleh Vietnam, termasuk diantaranya dari negara Amerika Serikat. 

Manipulasi yang dilakukan menurut analisa dilakukan untuk menjaga nilai mata uang Đồng Vietnam supaya tak naik terhadap mata uang Dolar Amerika. 

Menurut salah satu pejabat Departemen Keuangan Vietnam, ada banyak sekali bank sentral yang melakukan intervensi di dalam praktik pasar mata uang mereka. Dan negara Vietnam secara yakin memberitahukan bahwa kebijakan mata uang yang mereka lakukan semata-mata hanya bertujuan untuk mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas. 

Hal ini kemudian menjadi satu pedoman bahwa pihak Vietnam sama sekali tak melakukan kesalahan dalam praktik kebijakan mata uang mereka. 

Padahal kegiatan manipulatif mata uang yang dilakukan oleh Vietnam ini terbilang memiliki taruhan yang cukup tinggi. Bahwa Amerika Serikat mulai membatasi penjualan dolar Amerikanya, menetapkan tarif baru kemudian mengadakan pengawasan terhadap kegiatan keuangan yang dilakukan oleh Vietnam. 

Membandingkan Nilai Tukar Mata Uang Đồng Dengan Rupiah

Lalu, seberapa rendahnya nilai mata uang Vietnam Đồng (VND) jika dibandingkan dengan mata uang Rupiah? Menurut kurs yang ada dan berlaku saat ini, Anda bisa mendapatkan sebanyak 14.500 Đồng jika menukarkan sebanyak 10 ribu rupiah. Nilai ini tentu bisa berubah sesuai dengan kurs yang selalu berubah setiap harinya. Namun mata uang Đồng dikenal sebagai salah satu mata uang yang paling stabil fluktuasinya. 

Maka jika melihat nilai mata uang yang berlaku, tentu bisa dipahami bahwa biaya hidup di Vietnam jauh lebih murah daripada biaya hidup di Indonesia. Mengingat mata uang Vietnam yang cenderung lemah, biaya hidup keseharian yang murah itulah yang membuat banyak wisatawan asing mengincar wisata Asia.

Banyak wisatawan yang melakukan perjalanan wisata ke Vietnam kemudian melakukan penukaran mata uang mereka ke mata uang Đồng Vietnam. Menurut pengalaman yang sudah berlaku, sebaiknya tukarkan dalam jumlah secukupnya saja. 

Perkirakan saja berapa jumlah uang yang diperlukan selama menjalani liburan di negara Vietnam sehingga penukaran uang tak dilakukan secara berlebihan. Itulah beberapa ulasan terkait mata uang Vietnam Đồng (VND). Semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk Anda.