Trading Cryptocurrency

Tutorial Trading Cryptocurrency

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, trading dengan crypto atau yang kerap disebut cryptocurrency menjadi salah satu jenis trading yang menjadi pilihan banyak orang. Bagaimana tidak, meskipun memiliki tingkat risiko yang besar, namun hal ini sebanding dengan laba yang dapat diperoleh.

Kini, trading dengan metode ini sedang booming dan menjadi tren di berbagai belahan dunia. Sayangnya, masih banyak pemain trading cryptocurrency masih cukup pemula dan belum memiliki banyak informasi sehingga tidak jarang mengalami kegagalan. Nah, kami akan mengulas sejumlah tutorial untuk mempermudah Anda yang tertarik dengan dunia trading tersebut.

Memahami Konsep dan Pengertian

Sebelum mengetahui bagaimana cara menjalankan transaksi trading crypto, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan trading dan juga cryptocurrency. Trading sejatinya merupakan kegiatan jual-beli dan tukar-menukar, baik yang berkaitan dengan aset-aset seperti saham, atau koin-koin dengan jenis tertentu.

Ada berbagai aset yang dapat digunakan untuk menjalankan trading, salah satunya uang kripto atau cryptocurrency. Cryptocurrency merupakan sebuah mata uang digital atau virtual. Banyak negara belum secara resmi menggunakan mata uang ini sebagai alat tukar yang sah, namun minat banyak trader dalam menjalankan transaksi trading mata uang justru semakin meningkat akhir-akhir ini.

Penggunaan cryptocurrency sebagai mata uang digital cukup menarik dan unik, karena Anda dapat menggunakannya sebagai alat transaksi tanpa perlu melewati pihak ketiga. Bahkan penggunaan uang crypto ini dapat dilakukan secara online dan secara bebas antarnegara tanpa dipengaruhi oleh kurs. 

Salah satu karakteristik dari trading cryptocurrency adalah adanya enskripsi dari setiap pengguna. Artinya, ada kode tersendiri yang dimiliki oleh setiap trader. Bahkan, tidak ada nama asli yang muncul ketika kita menjalankan transaksi cryptocurrency

Meskipun demikian, setiap orang bertanggung jawab atas uang mereka sendiri karena tidak adanya bank atau pihak-pihak yang terlibat dalam menengahi setiap transaksi. Semakin banyak orang yang menggunakan mata uang digital ini, maka nilainya akan semakin tinggi.

Cryptocurrency tidak hanya sebatas sebagai instrumen investasi, namun ada berbagai fungsi lain dari mata uang tersebut. Salah satunya adalah untuk pembelian barang atau jasa. Di beberapa negara, sudah banyak diberlakukan pembayaran menggunakan cryptocurrency. Bahkan, pembayaran uang kuliah juga dapat menggunakan mata uang tersebut.

Jenis Crytocurrency

Sejatinya, ada lebih dari 2.000 jenis cryptocurrency yang diperdagangkan pada publik. Hal ini menunjukkan ada banyak sekali jenis cryptocurrency yang sudah mendapatkan tempat di hati publik. Hanya saja, ada beberapa crypto yang lebih populer, misalnya sebagai berikut.

  1. Bitcoin

Pernah mendengarnya, bukan? Ya, bitcoin merupakan jenis cryptocurrency pertama yang masih populer sejak kemunculannya di tahun 2009. Bahkan lebih dari 60% transaksi trading cryptocurrency adalah bitcoin dengan lebih dari 20 juta bitcoin yang sudah diperdagangkan hingga saat ini.

  1. Litecoin

Selain Bitcoin yang sudah sangat populer, ada juga Litecoin yang sudah banyak dikenal sejak dihadirkan pada 2011 sebagai mata uang digital peer-to-peer (P2P) yang membentuk blockchain dengan kecepatan lebih. Dengan demikian, Litecoin ini memungkinkan penggunanya bertransaksi secara lebih cepat tanpa memerlukan sistem komputasi tertentu.

  1. Dogecoin

Merupakan turunan dari Litecoin yang sudah muncul sejak 2013. Dikenal sebagai cryptocurrency yang paling bersahabat dan memiliki nilai yang rendah dari Bitcoin. Tidak mengherankan jika kemudian penggunanya sering menggunakan Dogecoin pada transaksi kecil, donasi, atau tip.

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Banyak orang meragukan penggunaan cryptocurrency untuk menjalankan trading ataupun berbagai transaksi secara online. Padahal ada berbagai kelebihan yang dimiliki oleh cryptocurrency dibandingkan dengan mata uang lain, yaitu:

  1. Berlaku universal

Penggunaan cryptocurrency dapat berlaku di seluruh dunia. Jadi, tidak perlu khawatir jika Anda ingin menjalankan transaksi dari berbagai belahan dunia sekalipun. Selain itu, tidak ada syarat tertentu untuk bisa menjalankan trading cryptocurrency sehingga sifatnya menjadi universal.

  1. Transaksi dapat dilakukan secara cepat

Dibandingkan dengan transaksi bank, sebenarnya cryptocurrency dapat dilakukan secara cepat, bahkan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Berbeda dengan transaksi antar bank internasional yang bisa mencapai satu hari penuh sehingga kurang efisien untuk mencapai keuntungan.

  1. Kontrol pribadi dan transparan

Transaksi menggunakan cryptocurrency merupakan transaksi yang relatif aman. Sebab, setiap penggunanya dapat bertanggung jawab atas uangnya sendiri dan bahkan bisa melihat semua transaksi secara transparan. Hanya saja, Anda tidak dapat mengetahui siapa yang menjalankannya karena bentuk pengguna berupa angka tanpa identitas.

Penggunaan mata uang crypto juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan. Kendati demikian, kekurangan tersebut bisa sangat mudah Anda tanggulangi dan hindari sehingga tidak perlu terlalu khawatir. Adapun beberapa kekurangan yang dimaksud adalah:

  1. Harus benar-benar mengingat password

Dalam menjalankan transaksi atau bahkan trading cryptocurrency, Anda akan menggunakan sistem password tanpa ada yang pihak yang mengatur. Akan tetapi, jika Anda lupa dengan password tersebut, akan sulit untuk mengatur ulang sehingga berisiko kehilangan semua uang dalam akun Anda.

  1. Risiko kejahatan

Selain itu, risiko kejahatan juga masih bisa terjadi. Apalagi, tidak ada yang tahu siapa yang ada di balik kode crypto tersebut. Tidak jarang transaksi ilegal bisa saja terjadi namun tidak bisa dilacak sehingga dapat dimanfaatkan untuk kejahatan.

  1. Sering dianggap ilegal

Banyak negara masih menganggap jika crypto masih ilegal dan tidak berlaku. Kendati demikian, masih ada beberapa negara yang masih mengakuinya dan malah melegalkan untuk dapat dijadikan sebagai transaksi sehari-hari.

Untuk menghindari berbagai kerugian dan risiko penipuan, sangat penting untuk selalu aware dengan diri sendiri dan tidak mudah tergoda untuk berinvestasi dengan cara yang instan. Sudah banyak kasus terjadi di mana para trader tidak sabar dan ingin menjalankan investasi crypto secara langsung tanpa memikirkan berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Cara Kerja Trading Crypto

Setelah mengetahui konsep dari trading cryptocurrency, maka Anda harus mengetahui lebih lanjut mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin menjalankan transaksi trading tersebut. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Menentukan cryptocurrency yang akan digunakan

Bermain trading menggunakan mata uang crypto harus diawali dengan pemilihan dan penentuan cryptocurrency yang akan digunakan. Akan tetapi, sebaiknya Anda memahami dulu bagaimana tren pasar serta kelebihan dan kekurangan crypto tersebut. Anda dapat menggunakan seorang broker untuk memperkirakan harga dan melakukan prioritas dengan harga beli yang lebih murah.

  • Masukkan dana pada akun crypto

Selanjutnya, kamu wajib memasukkan dana pada akun tersebut untuk keperluan jual-beli cryptocurrency pada pasar. Biasanya, Anda juga perlu melakukan verifikasi identitas demi keamanan akun. Tidak perlu khawatir dengan ketentuan verifikasi ini asalkan dilakukan pada pihak yang tepat.

  • Melakukan pembelian cryptocurrency

Langkah terakhir dan cukup penting adalah melakukan pembelian dan penjualan mata uang crypto tersebut. Sangat disarankan untuk membeli aset ketika harga tengah turun dan menjualnya pada saat harga sedang naik. Jika mengalami kerugian pun, Anda jangan patah semangat dan tetap berlatih menghasilkan keuntungan besar.

Perlu diingat, dalam melakukan pembelian hingga penjualan cryptocurrency dapat dilakukan pada akun demo seorang broker. Apalagi, trading crypto banyak terpaku pada spekulasi harga dan Anda tidak memiliki koin secara fisik.

Tips Bertransaksi Trading Crypto

Meskipun terbilang mudah, tidak jarang banyak trader yang malah melakukan sejumlah kesalahan pada saat melakukan trading crypto. Memang kesalahan tersebut lebih banyak dilakukan oleh trader pemula, namun sering kali mereka yang sudah lama berkecimpung pun juga melakukan hal yang sama.

Seperti misalnya adalah langsung menyerah saat merasa rugi. Padahal, rugi adalah hal yang biasa dalam setiap trading cryptocurrency. Biasanya, kerugian ini juga disebabkan oleh kelakuan para trader yang terlalu sering mengikuti tren padahal belum menguasainya.

Selain itu, tidak menjaga keseimbangan portofolio sesuai dengan target alokasi juga kerap menjadi penyebab para trader mengalami kesalahan yang merugikan. Banyaknya risiko yang diambil padahal dirinya belum siap akan berakibat cukup fatal sehingga banyak trader pemula yang malah menjadi stres dan mendapat kerugian besar.

Untuk menghindarinya, sejatinya ada beberapa trik yang dapat dilakukan. Konsistensi menjadi salah satu trik yang penting, namun ada beberapa tips lain yang perlu diaplikasikan.

  1. Bijaksana menentukan budget

Sangat penting untuk menjalankan transaksi secara proporsional. Apalagi, jika dana yang dimiliki tidak terlalu besar. Banyak trader yang terlalu fokus ingin menjadi kaya dalam waktu singkat, padahal sebaiknya jika masih pemula Anda perlu memperbanyak wawasan dan keterampilan dalam trading.

Manfaatkan dulu berbagai fasilitas gratis atau pelatihan trading yang banyak beredar. Jika sudah mendapatkan banyak keuntungan besar, maka Anda dapat meningkatkan jumlah dan nominal uang yang akan diperdagangkan. 

  1. Fokus dan jangan serakah

Trader memang harus tetap fokus saat akan menjalankan transaksi jual beli cryptocurrency. Meskipun melakukan trading dari satu aset ke aset lainnya, namun pastikan Anda mempelajari salah satu dinamikanya sebagai pembuat keuntungan yang utama.

Seperti yang telah diketahui, cryptocurrency adalah pasar yang sangat dinamis sehingga dapat berubah setiap saat secara cepat. Akan lebih baik jika Anda juga melakukan evaluasi mandiri untuk melihat kembali apa yang sebaiknya dilakukan untuk menghindari kerugian.

  1. Menjalankan investasi secara tepat

Seringkali para trader melakukan investasi secara langsung tanpa mengetahui seluk beluk dan performa dari aset yang digunakan. Tidak jarang, trader mengalami penipuan dan akhirnya kerugian besar karena kinerja aset yang buruk. Jadi, pastikan Anda mempertimbangkan lagi aset yang dipilih, ya.

Penggunaan broker yang tepat juga harus senantiasa diperhatikan. Fungsi broker memang untuk mengarahkan Anda pada jalan trading cryptocurrency yang benar, namun beberapa broker sering kali menjadi bumerang tersendiri sehingga Anda harus melakukan pemilihan yang paling tepat.

eToro, Broker Paling Direkomendasikan

Dari sekian banyak broker yang ada di dunia ini, ada salah satu broker yang dapat kami rekomendasikan, yakni eToro. Broker yang satu ini sudah digunakan secara global sehingga Anda juga memiliki kesempatan untuk investasi saham di berbagai bursa dunia seperti Nasdaq.

eToro merupakan broker trading yang sudah berdiri sejak tahun 2007 dan berasal dari Israel. Broker ini sudah banyak melayani para klien dari Cyprus, Inggris, hingga Australia. Tidak mengherankan memang, sebab broker ini pernah terpilih sebagai broker terbaik untuk menjalankan trading dan mata uang crypto.

Di balik berbagai pro dan kontra yang ada di dalamnya, terselip berbagai kelebihan dan kekurangan dari platform broker yang satu ini. Kelebihan yang paling terlihat adalah pada saat melakukan pembukaan akun, sebab sepenuhnya bersifat digital sehingga menjadi lebih cepat. Selain itu, kelebihan lain yang terdapat di dalam platform ini adalah sebagai berikut.

  • Bisa diakses secara mudah bahkan melalui handphone. Hal ini karena aplikasinya terdapat di Playstore sehingga Anda dapat mengakses perdagangan secara fleksibel di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu khawatir karena data-data Anda dijamin aman.
  • Biaya yang digunakan untuk trading cryptocurrency pun cukup terjangkau dibandingkan dengan broker lain. Di Indonesia, syarat minimal deposit yang diharuskan adalah $200 atau sekitar Rp2,8 jutaan. Karena akun yang tersedia berdasarkan Dollar Amerika, maka uang yang Anda masukkan akan langsung dikonversi ke dalam USD tersebut.
  • Fitur yang tersedia juga sangat beragam, mulai dari fitur trading sosial yang dapat digunakan untuk menyalin portofolio trading, mengetahui profil para trader, hingga mengecek performa secara berkala. Menariknya, eToro juga menyediakan fitur untuk mengecek pengetahuan keuangan masing-masing trader sehingga dapat menentukan portofolio yang tepat.
  • Analisis teknis pada broker ini juga relatif bagus. Begitu banyak rekomendasi yang dapat diberikan seperti konsensus analis, target harga, sentimen dana, dan berbagai fitur riset lainnya. Bahkan para trader juga dapat memperoleh analisis pasar harian yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi pasar secara real-time.
  • Layanan edukasi bagi para pemula juga sangat baik. Dapat dilihat dari adanya akun demo dan bimbingan yang tersedia pada platform tersebut. Konten edukasi ini dapat diakses menggunakan video berkualitas baik dan dapat diaplikasikan dengan mudah.
  • Para trader juga dipastikan memiliki pengalaman bermain trading yang baik karena didukung oleh layanan pelanggan yang profesional. Anda dapat menghubungi mereka melalui live chat atau telepon, dan mendapat respons yang cepat.

eToro memiliki beberapa produk dengan biaya yang beragam, mulai dari saham dan trading ETF, CFD, Forex, dan lainnya dengan biaya yang terjangkau. Adapun untuk biaya non-trading untuk tiap bulannya sebesar $10 setelah satu tahun tidak melakukan aktivitas, dan $5 untuk biaya penarikan dana.

Selain itu, produk lain seperti saham dan trading ETF tidak dibebankan komisi, terutama untuk klien yang berdomisili di Eropa. Jika berada di luar itu seperti Indonesia, biaya spread juga rendah dan pasti sangat terjangkau buat Anda yang memiliki budget terbatas sekalipun.

Biaya CFD dan Forex juga relatif bersaing. Jika CFD dikenakan biaya yang cukup kecil, berbeda dengan Forex yang biayanya cukup tinggi jika dibandingkan dengan broker lainnya. Meskipun demikian, hal ini sebanding dengan berbagai keuntungan non-finansial seperti platform yang mudah diakses dan edukatif.

Menggunakan eToro

Lantas, bagaimana cara penggunaan eToro ini? Mudah saja. Setidaknya ada tiga tahapan yang perlu Anda lakukan, yakni pendaftaran akun, deposit, dan transaksi pembelian.

1. Proses registrasi

Sebelum melakukan trading cryptocurrency, proses registrasi akun adalah hal yang wajib dilakukan. Untuk itu, silakan download aplikasinya terlebih dahulu melalui PlayStore. Saat ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan VPN untuk membukanya karena dipastikan aman dan bisa digunakan secara langsung.

Setelah di-download, buatlah akun dengan memasukkan nama, email, dan password. Jangan lupa pelajari semua informasi kebijakan, lalu buat akun. Anda juga akan dimintai verifikasi melalui email dan melengkapi profil pada menu Setting.

Adapun data-data yang diperlukan seperti KTP, NPWP, dan berkas-berkas lainnya. Jika sudah lengkap, proses verifikasi akan dilakukan selama maksimal 3 hari kerja, meskipun pada kenyataannya bisa lebih cepat daripada itu.

2. Proses deposit

Jika Anda sudah resmi ter registrasi dalam akun eToro, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan sebelum melakukan jual beli mata uang crypto adalah melakukan penyetoran dana atau deposit. Minimal deposit yang dilakukan adalah US$200 atau sekitar Rp2,8 jutaan.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah dengan login ke akun eToro, kemudian pilih Deposit Funds. Isi deposit yang akan dimasukkan, lalu pilih metode pembayarannya. Tunggu selama beberapa waktu untuk kemudian dilakukan verifikasi lebih lanjut.

Adapun deposit pada transaksi ini dapat menggunakan transfer bank, kartu kredit, kartu debit, Paypal, hingga WebMoney. Biaya deposit tidak dibebankan, namun pastikan Anda mengetahui ketentuan proses verifikasinya karena setiap metode pembayaran memiliki ketentuan maksimum dan proses verifikasi yang berbeda-beda.

3. Proses pembelian crypto

Anda yang akan membeli crypto juga bisa dilakukan secara mudah melalui aplikasi ini. Dengan login ke akun eToro kemudian pilih menu Trade Markets dan memilih koin yang diinginkan, maka kamu bisa membeli crypto yang tersedia. Setidaknya ada 16 aset yang bisa dipilih, mulai dari Bitcoin, Ethereum, hingga BitcoinCash.

Anda juga dapat melakukan penarikan dana menggunakan aplikasi eToro. Sayangnya, untuk melakukan penarikan dana ini diperlukan biaya sebesar $5 di mana biaya ini cukup tinggi dibandingkan broker lainnya. Bahkan, minimal dana yang dapat ditarik adalah $50 sehingga Anda harus benar-benar mencermatinya sehingga tidak menyebabkan kerugian.

Biasanya, proses penarikan ini akan memakan waktu selama 2 hari kerja dengan metode yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan proses deposit. Meskipun demikian, proses tersebut relatif cepat dan dapat dilakukan secara mudah di mana saja.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan trading cryptocurrency yang sebaiknya Anda ketahui, ditambah dengan pengetahuan mendasar mengenai broker eToro yang bisa Anda pilih untuk melakukan berbagai aktivitas trading tersebut. Bagaimana, sudah siapkah Anda menjalankannya?

FAQ (Frequently Asked Question)

1. Bagaimana trading crypto yang aman?

Terlebih dahulu, pastikan Anda mempelajari semua kemungkinan risiko dan menyiapkan portofolio yang baik. Pilihlah instrumen trading yang mudah dan terpercaya, serta jangan mudah terhasut dengan pilihan yang menjerumuskan.

2. Seperti apa cara kerja eToro?

Secara utama, eToro adalah broker pada platform CFD dan Forex. Bahkan, Anda juga dapat melakukan trading dengan instrumen lain sesuai pilihan yang ada pada eToro.

3. Apakah eToro aman dan terpercaya?

Broker eToro merupakan broker yang sudah memiliki regulasi di sejumlah negara. Meskipun tidak terdaftar di bursa efek mana pun, namun dapat dipastikan jika eToro bukanlah sebuah scam

4. Apa saja kelebihan eToro?

Selain sebagai broker berskala global, layanan yang diberikan sangat profesional dan terpercaya. Penjelasan yang dilakukan mudah dipahami oleh pemula yang ingin menjalankan trading cryptocurrency.

5. Bagaimana menggunakan eToro?

Anda dapat menjalankannya melalui aplikasi atau website dengan membuat akun terlebih dahulu, kemudian melakukan deposit sesuai ketentuan. Terakhir, lakukan pembelian mata uang crypto lalu melakukan penarikan dana ketika dibutuhkan.