Trading Bitcoin

Bagaimana Cara Trading Bitcoin – Tutorial Trading

Dalam berinvestasi tentu sebaiknya sudah memahmi intrumen yang hendak digunakan, sumber daya, kinerja, dan informasi lainnya. Salah satu contohnya yakni mengenai cara trading Bitcoin dimana saat ini mulai merebak dan diminati oleh banyak orang karena nilai pengembaliannya cukup menjanjikan. 

Pengertian Bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu jenis cryptocurrency serta merupakan koin mata uang digital yang mana diproses melalui enkripsi khusus mengenai kriptografi. Ditemukan dan dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009.

Bitcoin ialah mata uang digital pertama yang menggunakan sistem peer to peer (P2P) yakni tanpa perantara apapun seperti bank dalam transaksinya. Hal ini menjadikan pembeli dan penjual dapat bertemu langsung dalam bertransaksi. 

Bitcoin merupakan mata uang digital paling populer dengan nilai mencapai 15 triliun dan akan terus bertambah bergantung pada permintaan dari peminatnya. Dapat diperoleh melalui kegiatan pembelian serta pertambangan dimana bisa dilakukan setiap hari. 

Cara Kerja Bitcoin

Bitcoin menggunakan sistem peer to peer dimana hanya ada administrator tunggal serta tidak melalui perantara apapun seperti bank. Hal ini menjadikan pengguna dapat bertransaksi secara langsung dimana mata uang digital tersebut disimpan dalam komputer pribadi dengan format wallet.

Bitcoin bersandar pada blockchain atau rantai blok yang menyambungkan satu node ke node lainnya sebagai proses transaksinya. Setiap kegiatan mata uang digital baik keluar maupun masuk harus melalui verifikasi untuk memastikan keabsahannya serta menghindari penipuan. 

Selain itu, Bitcoin menggunakan sistem kriptografi untuk keamanannya dikarenakan tidak ada lembaga lain seperti bank sebagai pihak ketiga di transaksi konvensional. Terlebih lagi para penggunanya bertransaksi secara langsung secara online sehingga diperkuat pula melalui proses verifikasi. 

Cara Mendapatkan Bitcoin

Bitcoin dapat diperoleh melalui kegiatan penambangan yakni dengan proses pemecahan jaringan tertentu melalui internet dimana bentuknya sangat kompleks. Para penambang Bitcoin pun sering kali melakukan pertambangan secara illegal misal menyebarkan dan menanamkan virus di komputer lain. 

Selain melalui pertambangan, Bitcoin dapat diperoleh melalui perdagangan atau jual beli. Cara ini ialah yang teraman, legal, serta populer di kalangan para pengguna. Transaksinya pun lebih aman daripada penambangan karena diamankan melalui proses verifikasi. 

Pembelian Bitcoin dapat dilakukan melalui aplikasi maupun platform dimana saat ini sudah sangat beragam. Anda bisa mencoba terlebih dahulu maupun mempelajarinya melalui berbagai bacaan dan diskusi dengan pengguna yang sudah berpengalaman.  

Cara Trading Bitcoin

Setelah mengenal pengertian Bitcoin dan cara mendapatkannya, maka langkah selanjutnya ialah memahami cara tradingnya. Ada beberapa langkah yang sebaiknya dipahami serta mulai dipraktikkan perlahan. Berikut informasi mengenai hal tersebut:

  1. Mengenali Berbagai Platform Trading Bitcoin

Sebelum melakukan trading Bitcoin tentu saja Anda harus mengetahui hal-hal dasar seperti misalnya platform, jenis, dan lain-lain. Ada beberapa aplikasi maupun website yang menyediakan tempat untuk bertransaksi dengan mata uang digital ini. 

Anda bisa mencari informasi di internet maupun bergabung dengan komunitas Bitcoin. Beberapa yang bsia dicoba serta populer ialah eToro, Capital.com, dan AvaTrade. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dimana tentu saja bergantung pada penggunanya. 

  1. Memilih Platform Akun Trading Bitcoin

Setelah mengetahui berbagai jenis platform baik berbentuk aplikasi maupun website untuk melakukan trading Bitcoin, maka langkah selanjutnya yakni memilih sesuai dengan kenyamanan dalam penggunaannya. Hal ini akan berpengaruh terhadap proses transaksi kelak. 

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika memilih platform ialah beberapa di antaranya menerapkan fee atau biaya admin untuk setiap transaksi sehingga pilihlah yang besarannya tidak terlalu besar. Selebihnya, Anda dapat mengikuti panduan ketika hendak membuka akun pertama kalinya.  

  1. Mulai Membuka Akun Trading Bitcoin

Hampir semua platform baik berbentuk aplikasi maupun website akan memudahkan para penggunanya terutama yang pertama kali mendaftar pada saat pembuatan akun trading. Anda hanya perlu melakukan pendaftaran seperti ketika membuka rekening bank hingga proses penyetoran dana awal. 

Namun, setiap platform mungkin memiliki alur yang berbeda-beda sehingga jangan terlalu terburu-buru ketika sedang melakukan registrasi. Bacalah setiap instruksi agar tidak terjadi kesalahan sejak awal. Tuliskan berbagai informasi penting seperti misal username dan password milik Anda. 

  1. Mulai Membangun Rencana Trading Bitcoin

Salah satu saran ketika hendak memulai trading Bitcoin ialah mulailah membuat perencanaan dalam bertransaksi berdasarkan pemahaman yang dimiliki. Ketika sudah memiliki akun Anda tinggal menjalankannya dengan melakukan berbagai penyesuaian berdasarkan apa yang tertera di platform.

Perencanaan cara trading Bitcoin yang dibuat di awal mungkin saja berubah namun setidaknya Anda tidak berjalan tanpa arah setelah membuat akun. Selain itu, persiapkan pula dana dingin sebagai modal awal saat melakukan transaksi. 

  1. Mulai Melakukan Trading Bitcoin

Mulai jalankanlah rencana Anda dengan melakukan trading Bitcoin. Perhatikan harga jual dan beli mata uang digital tersebut sebelum melakukan berbagai transaksi dikarenakan bisa saja merugi jika tidak berdasarkan riset yang teliti. 

Pastikan pula melakukan keputusan yang tepat seperti misalnya melakukan buy ketika merasa harga Bitcoin akan naik. Hal ini dilakukan sebagai investasi karena kelak Anda bisa menjual atau sell di saat nilainya turun dimana tentu saja untuk menghindari kerugian serta mengamankan modal. 

Mengenal Platform Trading Bitcoin

Platform trading merupakan salah satu jembatan yang digunakan untuk bisa melakukan berbagai transaksi dengan mata uang digital dimana salah satunya ialah Bitcoin. Oleh sebab itu, mengenal berbagai macam di antaranya juga penting dan berikut informasi singkat mengenai hal tersebut:

  1. Capital.com

Capital.com merupakan salah platform yang bertugas menjadi jembatan antara penjual dan pembeli mata uang digital atau juga dikenal dengan istilah broker. Memiliki keunggulan yakni sistem keamanannya berlisensi CySEC serta FCA untuk mengamankan seluruh data hingga setiap transaksi dari pengguna.

Platform ini juga dilengkapi dengan berbagai informasi tentang keadaan terkini di pasar mata uang digital, format chart, dan lain-lain dimana disiarkan secara langsung sehingga berita yang ditampilkan bersifat real. Pengguna dapat mengaksesnya melalui smartphone maupun perangkat gadget lainnya.  

  1. AvaTrade.com

Platform selanjutnya ialah AvaTrade.com dimana memberikan layanan berupa tanpa adanya biaya admin di setiap transaksinya. Tak hanya itu, pengguna juga dapat bertransaksi dengan Bitcoin maupun mata uang digital lainnya denganleverage cukup besar yakni 20:1. 

AvaTrade.com memberikan pelayanan selama 24 jam dan tersedia dalam 14 bahasa di seluruh dunia sehingga dapat digunakan oleh hampir semua pengguna dimana berada. Tak hanya itu, keamanan di platform ini sudah terjamin oleh beberapa negara seperti Australia, Afrika Selatan, serta Jepang. 

  1. eToro

eToro ialah salah satu platform trading Bitcoin yang juga direkomendasikan karena memiliki banyak keunggulan. Memberikan beberapa tools dan layanan bagi para trader untuk bertransaksi dengan aman dan nyaman sekalipun bagi para pemula. 

eToro memberikan layanan transaksi tidak hanya untuk mata uang digital Bitcoin namun juga lainnya seperti Ethereum. Para trader tidak perlu khawatir dengan keamanannya sebab sudah terjamin dengan arahan CySEC, FCA, serta ASIC.

Jenis-Jenis Trading Bitcoin

Selain mengetahui tentang cara trading Bitcoin, seorang trader tentu juga harus mengetahui beberapa hal lainnya seperti jenis-jenisnya. Tentu saja ini berguna untuk menentukan rencana dalam melakukan transaksi. Berikut informasi singkatnya:

  1. Scalping Trading

Scalping trading ialah melakukan transaksi hanya dalam beberapa menit saja. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan kecil namun dilakukan berulang-ulang. Para trader harus lebih jeli dalam menentukan pilihan untuk sell maupun buy. 

Dalam jenis trading ini, para trader diharuskan memiliki kemampuan menganalisis secara tepat serta mampu mengambil keputusan dengan cepat. Selain itu, keahlian menganalisis pergerakan nilai sebuah mata uang digital juga menjadi salah satu skill yang wajib dimiliki jika tidak ingin mengalami kerugian. 

  1. Day Trading

Jika dalam metode scalping seorang trader hanya bertransaksi dalam hitungan menit saja, jenis day trading membutuhkan waktu lebih lama yakni dalam satu hari saja. Pengguna harus sering memantau pergerakan grafik nilai Bitcoin maupun mata uang digital lainnya untuk mendapatkan keuntungan. 

Kemampuan yang harus dimiliki trader yang ingin trading dengan jenis day ini sama dengan scalping yakni keahlian dalam membaca pergerakan grafik nilai, analisis teknis, serta mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan proses sell dan buy. 

  1. Swing Trading 

Swing trading ialah cara bertransaksi dengan Bitcoin maupun matauang digital lainnya yang paling populer di antara jenis-jenis lainnya. Jangka waktu dari perdagangan ini lebih panjang daripada scalping dan day yakni bisa berhari-hari, minggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. 

Para trader akan menahan mata uang digital mereka hingga menemukan momen tertentu untuk menjual atau membeli kembali. Para trader tidak memantau pergerakan grafik nilai crypto secara terus menerus namun hanya pada waktu tertentu saja. 

F.A.Q Mengenai Trading Bitcoin

Sudah banyak sekali laman online membahas mengenai mata uang digital mulai dari pengertian, jenis, cara kerja, hingga kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah rangkuman singkat mengenai beberapa pertanyaan seputar cara trading Bitcoin serta yang masih berhubungan dengan hal tersebut:

  1. Apakah trading Bitcoin aman?

Dalam melakukan investasi tentu saja terdapat resiko di dalamnya terlepas dari apapun jenis instrument yang dipilih. Begitu juga dengan trading Bitcoin juga memiliki kekurangan namun juga kelebihan dimana keduanya bisa saling menutupi jika dilakukan dengan penuh pertimbangan dan rencana. 

Trading Bitcoin dapat dikatakan aman meskipun tidak melibatkan pihak ketiga seperti bank namun menggunakan sistem yakni cryptographic. Tak hanya itu, di setiap transaksinya pun membutuhkan verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan hanya pemilik akun yang melakukan jual maupun beli. 

  1. Apakah yang dimaksud dengan penambangan Bitcoin?

Penambangan atau mining merupakan salah satu kegiatan untuk mendapatkan lebih banyak mata uang digital termasuk Bitcoin selain dengan trading. Cara melakukannya ialah dengan menggunakan perangkat komputer berspesifikasi tinggi agar prosesnya lancar. 

Salah satu syarat sebuah komputer bisa digunakan untuk penambangan Bitcoin ialah harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan puzzle berjenis cryptographic dengan microchip ASIC. Selain itu, proses tersebut diharuskan tersambung dengan internet serta membutuhkan biaya sangat besar. 

  1. Apa keuntungan melakukan trading Bitcoin? 

Keuntungan melakukan trading Bitcoin ialah seorang trader bahkan pemula bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu cepat. Terlebih lagi jika sudah sangat mahir membaca pergerakan grafik serta analisis teknis dimana sangat menentukan dalam melakukan transaksi. 

Tak hanya itu, untuk jangka panjang pun trading Bitcoin juga memberikan keuntungan sebab harganya semakin naik. Terlebih lagi jika ada tren tertentu maka nilai mata uang digital ini bahkan bisa melesat jauh sehingga jika menjual pada saat itu bisa mendapatkan untung berkali lipat.

  1. Berapa modal memulai trading Bitcoin?

Sama halnya dengan berinvestasi di saham, melakukan trading Bitcoin juga memerlukan dana awal sebagai deposit. Hal ini bertujuan agar bisa menukarnya dengan sejumlah mata uang digital tersebut dan mulai melakukan transaksi lainnya. 

Di Indonesia, berbagai bursa yang terdaftar Bappebti tidak mengharuskan untuk melakukan deposit di awal ketika membuka akun. Namun, beberapa platform memberikan batas berkisar mulai dari Rp. 100.000,00 dan trader pemula sudah dapat melakukan trading Bitcoin. 

  1. Apakah ada pembelian minimum untuk Bitcoin?

Sebagai salah satu instrument investasi seperti saham, Bitcoin tidak mengharuskan seorang trader untuk membeli dengan jumlah tertentu agar bisa mendapatkan sejumlah mata uang digital tersebut. Anda bisa menentukan seberapa banyak yang diinginkan berdasarkan ketersediaan biaya. 

Satu hal yang perlu dipastikan hanyalah harga Bitcoin ketika hendak melakukan pembelian. Pastikan mengecek terlebih dahulu dan sebaiknya membeli di saat nilainya tidak terlalu tinggi. Untuk mengetahui hal tersebut Anda bisa mencari informasi di internet serta ketika tidak ada tren tertentu.

  1. Bagaimana cara mengetahui perubahan harga Bitcoin?

Sebagai seorang trader tentu Anda harus mengetahui harga Bitcoin dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, sangat penting untuk terus memperbarui informasi mengenai hal tersebut. Tentu saja bisa dilakukan dengan mengikuti berita mengenai ekonomi khususnya dalam taraf internasional. 

Selain itu, bisa juga mengetahui perubahan harga Bitcoin dengan bergabung dengan komunitas trader dimana di dalamnya pasti akan ada orang-orang yang memberi informasi mengenai hal tersebut. Namun, bisa juga jika Anda ingin memantau dari platform dari hari ke hari atau bahkan setiap saat. 

  1.  Apa yang membuat harga Bitcoin mengalami perubahan?

Nilai Bitcoin bisa berubah bergantung pada beberapa faktor yakni pada permintaan serta penawaran dari para tradernya. Semakin banyak orang menginginkan mata uang digital ini maka harga tentu akan meningkat dan sebaliknya. 

Selain itu, adanya tren utamanya yang bersifat internasional juga dapat mempengaruhi harga Bitcoin bahkan mata uang digital lainnya. Oleh sebab itu, untuk menjaga agar nilainya tetap stabil ialah dengan mengikuti besara inflasi yang juga diikuti oleh kestabilan antara permintaan dan penawarannya. 

  1. Apakah trading Bitcoin dapat merugikan?

Segala jenis investasi memiliki resiko masing-masing dimana semuanya bergantung pada para penggunanya. Jika ingin menghindari kerugian yang sangat tinggi maka pastikan memiliki perencanaan yang baik serta memantau pergerakan nilai Bitcoin secara rutin. 

Trading Bitcoin tentu dapat merugikan namun apabila dilakukan dengan ilmu yang mumpuni serta memiliki kemampuan analisis terlatih maka hal-hal tersebut dapat dihindari maupun diperkecil besarannya. Selain itu, pastikan pula untuk menggunakan uang dingin ketika mulai berinvestasi. 

Bitcoin menjadi salah satu instrumen investasi menjanjikan dengan nilai pengembalian yang tinggi maka tak salah jika banyak orang mulai mempelajari bahkan berinvestasi langsung di dalamnya. Namun, ada baiknya tentu tetap mempertimbangkan resikonya pula agar tidak merugikan di masa mendatang. 

Berikut artikel mengenai cara trading Bitcoin yang dapat Anda jadikan referensi maupun bacaan ringan mengenai salah satu jenis cryptocurency tersebut. Apabila tertarik belajar lebih dalam silahkan mencari komunitas maupun para ahli untuk berdiskusi lebih lanjut. Semoga bermanfaat!