Stock Dividends

Apa Itu Stock Dividends?

Dalam dunia perdagangan terutama saham itu ada istilah yang namanya stock returns/dividends, tapi tidak banyak orang yang tahu. Bagi para pemain saham, hal ini adalah hal yang biasa ditemui dan malah harus memahami hal ini dengan baik. Sebelum memulai bermain saham kita itu harus mengetahui istilah ini dengan baik dan juga bagaimana konsep dari hal tersebut.

Karena segala hal mengenai saham sendiri memang harus diketahui dengan baik agar supaya bisa menentukan langkah dalam investasi saham. Dan istilah saham dividen ini harus dipahami baik itu keuntungannya dan juga kekurangannya, sehingga kita tahu apa yang kita dapatkan. Dan berikut ini kami akan coba jelaskan mengenai dividen saham dan juga beberapa hal menyangkut hal ini.

Pengertian Dividen Saham

Dividen saham itu adalah pembayaran dividen yang dilakukan oleh suatu perusahaan kepada setiap pemegang saham namun dalam bentuk saham. Jadi stock returns /dividends ini adalah pembayaran dividen yang menjadi hak bagi para pemegang saham tapi bukan dibayarkan dengan uang. Bagi perusahaan pilihan ini terkadang diambil karena pembagian dividen tidak mengurangi kas.

Dampak Dividen Saham

Tentunya dividen saham yang diberikan oleh perusahaan itu akan memiliki dampak bagi perusahaan dan juga bagi pemilik saham. Dampaknya sebenarnya cukup besar, namun tentunya ada dampak negatif dan juga ada dampak positif tergantung sudut pandang yang mana. Berikut ini kami akan jelaskan dampak yang terjadi apabila melakukan pembagian dividen saham ini. 

  1. Jumlah Saham Yang Beredar Lebih Banyak

Dampak yang terjadi apabila melakukan dividen saham ini adalah jumlah saham perusahaan akan lebih banyak. Dan investor dari perusahaan itu pun akan memiliki saham yang lebih banyak dari sebelumnya, karena penerbitan saham baru tersebut. Jadi seandainya perusahaan ada 10 ribu lembar saham dan dividen 5% maka akan bertambah 500 saham.

Untuk pembagian saham sendiri tentunya disesuaikan dengan persentase saham yang dimiliki oleh investor di perusahaan. Seandainya orang memiliki 100 lembar saham dari perusahaan tersebut, maka akan bertambah 5 lembar saham. Jadi saham yang dimilikinya itu setelah pembagian Stock returns/dividends adalah 105 lembar. 

  1. Harga Saham Turun

Dampak yang kedua adalah harga dari saham perusahaan tersebut sudah pasti akan turun sesaat setelah pembagian dividen saham ini. Karena dengan jumlah saham yang bertambah namun nilai dari saham tetap, maka harga saham akan turun. Mungkin kalau tadinya harga saham 10 Dollar bisa jadi akan turun 9,5 Dollar karena jumlah saham yang bertambah. 

Keuntungan Dividen Saham Untuk Perusahaan

Bila dilihat dari sisi perusahaan itu ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika membagikan dividen saham ini. Akan tetapi tentunya keuntungan ini tidak bisa selalu menguntungkan perusahaan dalam setiap kondisi, sehingga langkah ini harus diambil dengan pertimbangan. Salah satu keuntungan dari pembagian dividen saham bagi perusahaan adalah kas yang tidak berkurang. 

Karena yang dibagikan bukan uang tunai, maka kas perusahaan itu masih bisa dipakai untuk berbagai hal. Perusahaan jadi bisa melakukan ekspansi jauh lebih luas dan mungkin untuk membiaya biaya operasional, atau bisa juga untuk membayar utang. Karena itu kebijakan Stock returns/dividends ini harus sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan dalam pengelolaan kas.

Keuntungan Bagi Pemegang Saham

Bukan hanya menguntungkan bagi perusahaan sebenarnya, akan tetapi juga memberikan keuntungan juga bagi pemegang saham. Mungkin tidak banyak yang menyadarinya, bahwa ada keuntungan yang didapat dibalik penurunan harga saham akibat dividen saham ini. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih keuntungan untuk para pemegang saham. 

  1. Saham Yang Dimiliki Lebih Banyak

Keuntungan yang pertama adalah saham yang dimiliki pada suatu perusahaan itu akan jauh lebih banyak. Ini merupakan sebuah keuntungan investasi yang besar, karena berarti keuntungan yang didapatkan nantinya bisa lebih besar lagi. Bila nilai dari saham itu suatu saat naik, maka karena memiliki saham lebih banyak tentunya keuntungannya lebih besar. 

  1. Terhindar Dari Pajak Dividen

Keuntungan kedua adalah pajak, di mana pada sistem dividen saham ini pemegang saham tidak akan kena pajak seperti misalnya dividen tunai. Pajak baru dikenakan apabila pemegang saham itu menjual saham mereka nantinya setelah mendapatkan stock returns/dividends. 

Namun ada holding periode pada dividen saham yang membuat para pemegang saham itu tidak bisa menjual saham mereka. Jadi mendapatkan saham dari dividen saham ini tidak bisa langsung dijual, akan tetapi ada batas waktu untuk kemudian bisa dijual. Biasanya antara satu hari setelah pembagian dividen saham.

Syarat Melakukan Dividen Saham

Untuk melakukan pembagian dividen saham itu perusahaan tidak bisa semena-mena ya, harus ada persyaratan yang dipenuhi. Persyaratannya apa saja sih? Berikut ini kami akan jelaskan persyaratannya. 

  1. Disetujui Rapat Umum Pemegang Saham

Syarat yang pertama adalah keputusan perusahaan untuk membagikan dividen saham itu harus melalui rapat umum pemegang saham. Sebenarnya pembagian dividen baik itu tunai ataupun saham tetap harus melalui rapat umum pemegang saham. Jadi perusahaan itu harus mengadakan rapat ini dulu untuk membagi stock returns/dividends. 

  1. Memiliki Saldo Laba Ditahan yang Memadai

Syarat yang kedua adalah perusahaan itu harus memiliki saldo laba ditahan yang memadai untuk melakukan pembagian dividen ini. Berarti saldo laba ditahan itu harus mencukupi untuk membiayai pembagian dividen dalam bentuk saham tersebut. Karena ada biaya untuk membayar shareholders.

FAQ

Apa itu dividen saham?

Dividen saham itu adalah sebuah langkah perusahaan dalam membagi dividen untuk para pemegang saham akan tetapi dalam bentuk saham. 

Apa Dampak dividen saham bagi perusahaan?

Karena dividen saham itu tidak mempengaruhi kas, maka bagi perusahaan itu kas tidak akan berkurang. Karena pembagian dividen saham itu diambil dari laba ditahan yang dimiliki oleh perusahaan. Dan dampak berikutnya adalah jumlah saham yang beredar itu jadi makin banyak, karena nilai saham tetap maka harga dari saham jadi turun. 

Apa Syarat Mengeluarkan Dividen Saham?

Perusahaan tidak bisa sembarangan mengeluarkan dividen saham, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini persyaratannya. 

  1. Rapat umum pemegang saham, di mana harus diadakan dulu rapat ini dan disetujui oleh sebagian besar pemegang saham di perusahaan. 
  2. Saldo laba ditahan cukup untuk membiayai pembagian dividen saham tersebut termasuk membayar ke shareholders. 

Apa Keuntungan Dividen Saham Bagi Perusahaan?

Keuntungan utama bagi perusahaan adalah bisa menjaga kas tetap ada dan bisa dipakai untuk berbagai kepentingan perusahaan. Seperti misalnya ekspansi perusahaan, atau pembayaran utang jatuh tempo. 

Apa Keuntungan Dividen Saham Bagi Investor?

Keuntungan stock returns/dividends bagi investor adalah jumlah saham jadi lebih banyak, sehingga nantinya bisa mendapat untung lebih besar. Selain itu tidak ada pajak yang harus dibayarkan.