MetaTrader 4

Apa itu MetaTrader 4? – Review untuk Trader

Sobat, apakah saat ini Anda berperan sebagai trader? Platform apa yang Anda gunakan untuk memainkan bisnis perdagangan valuta asing itu? Seorang trader yang sudah handal pasti menggunakan MetaTrader 4. Platform ini sudah dipercaya oleh banyak trader maupun broker dalam perdagangan valuta asing, lho.

Seorang trader pemula biasanya masih sangat awam dengan banyak hal yang berkaitan dengan perdagangan valuta asing. Apalagi bila Anda sebelumnya terjun sebagai trader karena hanya mengikuti tren atau ajakan teman. Bila tidak dibekali dengan informasi yang mendasar mengenai perdagangan valuta asing tentu Anda akan sulit mengembangkan diri sebagai trader.

Alhasil, Anda akan kehilangan banyak hal. Tidak hanya kehilangan uang yang telah Anda miliki pada pasar valuta asing, namun Anda juga akan kehilangan banyak waktu dan pikiran. Ingat, berbisnis pada pasar valuta asing itu menguras energi dan pikiran. Untuk itu, melalui beberapa review tentang platform perdagangan valuta asing ini dapat menambah informasi bagi Anda khususnya sebagai trader pemula.

Sekilas tentang MetaTrader4

Sebagai seorang trader, Anda pastinya memerlukan suatu platform yang digunakan untuk menjalankan bisnis Anda sebagai trader. Untuk memantau perkembangan valuta asing pada pasar perdagangan dunia tentunya menggunakan suatu platform khusus. Salah satunya adalah MetaTrader 4.

Bila Anda masih pemula, mungkin Anda akan merasa buru-buru dalam menentukan platform yang nantinya Anda gunakan untuk bermain trading. Sebaiknya Anda melakukan hal demikian. Bila menggunakan platform yang kurang dipercaya, tentu Anda akan merasa kecewa. Nah, melalui review ini Anda pastinya sangat beruntung mengetahui salah satu platform yang handal dan dipercaya banyak penggunanya.

Perlu diketahui, platform trading ini sudah hadir sejak tahun 2005. Platform ini menjadi platform perdagangan yang sangat populer dan sudah digunakan oleh banyak trader maupun broker dari berbagai belahan dunia. Hal tersebut salah satunya didukung karena kemunculannya diciptakan oleh perusahaan dari berbagai perangkat lunak yakni MetaQuotes.

Sebagai informasi, perangkat trading ini memiliki banyak versi. Selain MetaTrader 4 juga ada Metatrader 5 yang dirilis pada tahun 2010. Bahkan, ada juga versi MT4 yang membuat para penggunanya terjebak pada platform tersebut meskipun tidak mempunyai layanan pelanggan secara langsung.

Sasaran Penggunanya Sangat Luas

Berbagai platform yang digunakan untuk trading biasanya khusus dipakai untuk para trader handal beserta jajaran broker. Apalagi platform-platform yang eksklusif, tentunya memiliki member dari trader-trader handal dengan broker yang berkualitas. Bila Anda saat ini masih menjadi trader yang pemula, maka Anda tidak perlu berkecil hati dalam menanggapi hal tersebut.

Perlu diketahui, platform digital dari bisnis trading ini bisa Anda gunakan meskipun masih menjadi pemula trader, lho. Bahkan, Anda dapat menggunakan platform tersebut untuk demo alias masa percobaan. Sasaran pengguna dari platform ini sangat luas sehingga Anda tak perlu khawatir.

Pada umumnya, para broker akan menawarkan platform ini kepada calon trader maupun pemula trader. Hal tersebut disebabkan karena trader dapat mengakses ke berbagai fitur sehingga sangat memudahkan trader dalam melakukan transaksi perdagangan. 

Tak hanya itu, para broker yang sudah handal juga biasanya akan nongkrong pada platform trading ini. Mereka akan mempertahankan penggunaan platform ini sebagai sarana penjualan valuta asing kepada para trader. Ditambah dengan tampilan grafik yang modern dengan sistem analisis yang canggih dan alat grafis yang mumpuni. 

Unggul dari Platform Lain

Setiap platform tentunya mempunyai keunggulannya masing-masing. Namun pada platform trading MetaTrader 4 ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan platform perdagangan valuta asing lainnya. Lantas, apa keunggulan dari platform trading ini?

Ada beberapa keunggulan yang akan Anda rasakan ketika menggunakan platform trading yang satu ini. Pertama, tersedianya akun yang demo alias gratis. meskipun banyak platform yang gratis, namun platform trading ini jauh lebih aman untuk Anda gunakan dibandingkan dengan platform lainnya.

Kemudian, Anda juga akan mendapatkan banyak arahan dari para broker sehingga tidak akan mengalami kebingungan ketika menjadi trader pemula. Bila Anda menggunakan platform lain, maka Anda kurang mendapatkan informasi dari para brokernya.

Beragam fitur juga akan Anda dapatkan bila menggunakan platform tersebut. Fitur-fitur selengkapnya akan Anda temukan pada ulasan di bawah. Pastinya, Anda tidak akan merasa kecewa bila menggunakan platform trading ini. 

Platform ini juga akan menjadi preferensi bagi Anda khususnya para pemula. Apalagi platform ini dapat melakukan optimalisasi perdagangan dengan cepat sehingga memberikan manfaat yang besar bagi para penggunanya. 

Hal menarik lain dari platform ini dibandingkan dengan platform lain yakni banyaknya pengguna perdagangan valuta asing. Meskipun penggunanya sangat banyak, namun platform ini dikenal sebagai platform yang memiliki banyak broker. Anda tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam menemukan broker karena broker pada platform ini sangat berkompeten di bidangnya.

Bahkan, Anda juga akan menemukan banyak investor yang menjalankan bisnis valuta asing. Para investor yang ada pada platform trading ini pastinya memiliki pengalaman yang luar biasa. Hal inilah yang membuat platform ini semakin unggul dibandingkan dengan platform lain.

Meski demikian, setiap platform pastinya memiliki beberapa kelemahan di bidangnya masing-masing. Mengenai kontra pada platform ini, para pengguna kesulitan dalam mendapatkan dukungan dari pelanggannya langsung. Anda tidak perlu kecewa dengan hal tersebut karena platform ini dijamin kualitasnya sehingga minim kesalahan.

Selain itu, platform ini juga kurang mendapatkan kualitas yang bagus pada perdagangan yang frekuensinya tinggi. Bagi Anda yang berperan sebagai trader pemula tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena frekuensi yang digunakan untuk perdagangan valuta asing tidak terlalu tingi alias masih bisa dicapai.

Layanan dan Fitur yang Cukup Lengkap

Bagi para trader lama dan broker tentu sudah menyadari bahwa platform ini sangatlah komprehensif. Maksudnya, fitur-fitur yang ada mampu bekerja dengan baik. Apalagi bagi para broker yang berpengalaman, mereka tentunya dapat memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan oleh platform dengan mudah. 

Sebagai informasi, bagi para trader pemula biasanya juga memerlukan waktu yang lebih relative mudah dalam melakukan navigasi antarmuka. Sebaliknya, pengguna akan mengalami kesulitan dalam melakukan akses langsung ke pelanggan. Mereka juga akan mendapatkan berbagai sumber daya pendidikan serta tutorial yang dapat membantu mereka dalam memahami platform secara keseluruhan. 

Indikator khusus pada Bahasa pengkodean dari MT4 menjadi fitur yang paling berguna. Hal tersebut tentunya dapat digunakan sebagai optimalisasi dalam melakukan perdagangan di bidang valuta asing. Para pelanggannya tentu sangat beruntung mendapatkan layanan dari fitur tersebut karena tidak semua platform memiliki fitur yang unggul itu. 

Layanan unik lainnya yang akan Anda dapatkan bila menggunakan platform trading ini yakni banyaknya program bahasa yang bisa dipilih oleh para pengguna. Bahkan ada lebih dari 30 bahasa yang bisa Anda gunakan ketika mengoperasikan platform yang luar biasa ini. Anda pastinya tidak akan mengalami kesulitan ketika menggunakan platform tersebut ketika sedang melakukan transaksi perdagangan valuta asing.

Berbagai pilihan dalam melakukan aktivasi trader juga akan Anda dapatkan ketika menggunakan platform trading ini. Sudah banyak trader yang berhasil dalam menyalin aktivasi trader. Pada beberapa platform sejenis, para tradernya mengalami kesulitan dalam menyalin aktivasi trader. 

Hal lain yang unik dan tidak akan Anda temukan pada platform lain yakni penggunaan platform ini tidak hanya sebatas perdagangan valas semata. MT4 ini juga dapat digunakan pada berbagai pasar sehingga menjangkau perdagangan secara luas. Banyak beragam opsi serta berjangka yang bisa Anda manfaatkan sehingga Anda tidak perlu meragukan platform trading ini.

Bila Anda mencari layanan seperti penasihat keuangan maupun penasihat robot, maka Anda tidak akan menemukannya pada platform ini. Apabila Anda menghendaki untuk mendapatkan penasihat secara langsung, maka Anda bisa meminta bantuan broker yang Anda gunakan itu untuk mendapatkan akses ke fitur tambahan. Pihak broker pastinya akan membuka akses dukungan seperti penasihat langsung bila para trader memintanya.

Gampang digunakan

Setelah Anda mendownload platform ini dan menginstalnya, tentu Anda akan dihubungkan dengan layanan yang ada pada platform ini. Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengoperasikan platform ini. Hanya dalam waktu yang singkat, Anda sudah bisa menggunakannya untuk mendaftarkan diri sebagai trader.

Berbagai layanan akan Anda temukan pada platform ini. Layanan-layanan tersebut pastinya sangat ringan dan gampang untuk Anda gunakan khususnya bagi trader pemula. Bahkan, platform ini memiliki panduan yang gampang untuk dipahami dengan berbagai pilihan bahasa. 

Layanan antarmuka bagi para penggunanya juga sangat ramah serta intuitif. Padahal fitur-fitur yang tersedia pada platform ini sangatlah canggih. Anda pastinya dapat melakukan eksekusi langsung dalam menggunakan fitur yang ada pada platform ini. 

Selain itu, Anda pastinya juga akan mendapatkan pengarahan dari berbagai broker yang ada pada platform ini. Hal tersebut tentunya tidak akan membuat Anda kesulitan dalam menggunakan platform. Anda mungkin akan sulit menjalankan trading saat menggunakan platform lain karena keberadaan broker handal pada platform lain tidak sebanyak broker pada platform ini. 

Biaya yang Terjangkau

Platform dari MetaTrader 4 ini sebenarnya dapat digunakan secara cuma-cuma alias gratis. Namun penggunaan secara gratis ini hanya dalam bentuk demo alias uji coba dan penggunaannya juga terbatas pada fitur-fitur tertentu. Seperti kebanyakan aplikasi lain, penggunaan awal biasanya memang digratiskan. Hal tersebut agar pengguna dapat merasakan penggunaan dari aplikasi yang diunduhnya.

Pengguna awal biasanya hanya mendapatkan batas waktu demo dalam hitungan hari. Namun juga ada aplikasi yang dapat digunakan secara gratis dalam hitungan bulan. Selanjutnya, para pengguna tentunya harus membayar aplikasi tersebut sebagai pengguna premium sehingga dapat menggunakan berbagai fitur pada platform tanpa batas.

Kaitannya dengan penggunaan trading alias perdagangan valuta asing, beberapa platform trading memang memiliki biaya yang cukup tinggi. Hal tersebut tentunya sebanding dengan fitur dan layanan yang ada pada platform trading. Namun pada platform meta ini tentunya aman dan sangat terjangkau. Anda tak perlu khawatir mengenai biaya langganannya.

Sebagai informasi, penggunaan layanan lisensi platform ini bagi para broker tidaklah murah. Hampir 100.000 dollar dibayar kepada para broker untuk mendapatkan lisensinya. Bagi para trading seperti Anda biasanya akan menggunakan dana virtual untuk melakukan demonya. Selanjutnya Anda diminta untuk membayar layanan tersebut bila hendak melanjutkannya sebagai trader pada platform tersebut.

Platform yang Aman digunakan

Banyak platform trading yang bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi perdagangan valuta asing. Namun, tidak semua platform yang ada memiliki keamanan yang tinggi. Bahkan, beberapa platform dapat dibobol oleh pihak asing sehingga para broker maupun trader pemula tentunya akan kehilangan saldo valuta asingnya.

Masih banyak tindakan atau ancaman kejahatan lain yang akan Anda rasakan bila menggunakan platform yang tidak aman. Misalnya terjadinya pencurian data atau informasi yang berkaitan dengan data Anda. Hal tersebut tentunya sangat membahayakan kita sebagai pengguna dari pasar perdagangan valuta asing di dunia.

Untuk itu, Anda sebaiknya mencari platform yang aman dan tentunya tidak membahayakan data diri Anda. Platform tersebut yakni MetaTrader 4. Platform yang sudah digunakan oleh berbagai broker handal dan investor yang kaya ini tentunya tidak akan merugikan Anda khususnya sebagai trader pemula. 

Anda tentu tidak perlu khawatir bila menggunakan MT4 ini dalam melakukan perdagangan valuta asing. Melalui platform ini, data yang telah Anda masukan ke dalam platform sudah dienkripsi. Pengenkripsian data yang dilakukan oleh pihak MT4 akan melindungi semua data. Alhasil, data-data yang tersimpan tidak akan mungkin mudah dibobol oleh pihak asing atau hacker maupun cracker.

Semua data yang ada pada platform MT4 ini baik pada pedagang alias broker dengan server tidak akan terlihat oleh pihak lain. Alamat IP yang Anda gunakan saat melakukan investasi serta perdagangan valuta asing tentunya juga akan dilindungi oleh sistem enkripsi data tersebut. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir dengan data yang Anda miliki.

Pertanyaan Terkait MT4

Banyak pertanyaan yang sering ditanyakan oleh trader khususnya para trader pemula mengenai MetaTrader 4. Misalnya mengenai penghapusan akun MT4. Pada dasarnya, MT4 ini semakin berkembang dengan pesat bahkan sangat populer. Anda sebagai trader pemula tentunya tidak perlu khawatir mengenai penghentian penggunaan platform ini sebagai media trading. Untuk itu, kemungkinan besar saat ini pihak perusahaan tidak melakukan penghapusan terhadap platform tersebut.

Bila saat ini Anda menggunakan MT4 dan ingin menggunakan MT5 maka dapat dilakukan peralihan. Anda tentunya dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Untuk itu, Anda dapat menggunakan akun MT4 pada MT5.

Bagi Anda yang ingin mengetahui biaya metatrader sebenarnya tidak perlu khawatir. Platform ini digunakan secara gratis bagi pemula yang mengunduh platform tersebut. penggunaan gratis ini dilakukan secara demo dengan jangka waktu tertentu. Setelah itu, Anda akan diminta untuk membayar biaya komisi kepada para broker. 

Pada dasarnya, MT4 terhubung langsung dengan para broker yang memiliki lisensi dengan platform pihak ketiga, untuk itu, Anda tetap menggunakan broker ketika menggunakan MT4.

Oiya, untuk memulai sebagai trader pemula, Anda akan diminta melakukan pembayaran komisi minimal 5 dollar. Selain itu, Anda juga diminta untuk membayar biaya awal sekitar 100.000 dollar. Pembayaran itu tentunya diberikan kepada para broker yang Anda pilih. Broker tersebut nantinya akan menjalin hubungan dengan Anda dalam melakukan trading atau perdagangan valuta asing.

Demikian berbagai informasi yang berkaitan dengan platform MT4. Beragam informasi tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi Anda khususnya sebagai trader pemula.