Kenapa Dolar Amerika Menjadi Mata Uang Dunia

Kenapa Dolar Amerika Menjadi Mata Uang Dunia

Dolar Amerika Serikat bisa dikatakan menjadi rajanya mata uang di seluruh dunia. Hal itu dikarenakan mata uang dolar bisa diterima hampir di semua bank sentral yang ada di seluruh bagian dunia ini. Tak heran jika kemudian banyak negara berkembang di dunia ini yang menjadikan mata uang dolar sebagai cadangan devisa, salah satunya adalah negara Indonesia. 

Sebenarnya apa yang membuat mata uang dolar begitu berpengaruh pada perekonomian dunia ini? Yuk Kita ulas secara lengkap di bawah ini. 

Mengulik Sejarah Mata Uang Dolar Amerika Menjadi Mata Uang Dunia

Nama Dolar sendiri sudah digunakan sebagai nama mata uang di sekitar 20 negara yang ada di dunia ini. Untuk itu Anda tak perlu heran jika menemukan ada yang menggunakan kata Dolar Kanada, Dolar Australia, Dolar Singapura dan lain sebagainya di berbagai negara yang menggunakan mata uang tersebut. 

Menurut sejarah, Dolar AS dibuat pada tahun 1792 dengan cara membuat replika dari mata uang Dolar Spanyol yang pada waktu itu banyak dipakai di benua Amerika. Status mata uang dolar ini kemudian mendadak berubah dari mata uang biasa menjadi mata uang yang digunakan sebagai perantara pembayaran antar negara Amerika dengan negara lainnya. 

Hal itu terjadi setelah adanya Perjanjian Bretton Woods dan serangkaian peristiwa penting pada masa itu yang kemudian terkenal dengan nama peristiwa Nixon Shocks.

Perjanjian Bretton Woods sendiri adalah sebuah perjanjian yang diselenggarakan antara negara yang memiliki kekuatan ekonomi terbesar pada waktu itu yaitu Perancis, Inggris, Uni Soviet, Tiongkok dan Amerika Serikat pada tahun 1944. 

Isi dari perjanjian ini antara lain adalah mewajibkan negara yang memiliki kesepakatan perjanjian tersebut untuk mengaitkan nilai tukarnya dengan emas, gotong royong untuk membangun IMF, dan bekerja sama mengembangkan World Bank. 

Pada saat itu, Amerika Serikat mengambil langkah untuk mengendalikan dua pertiga persediaan emas dunia yang ada pada saat itu, dan bertekad untuk berpijak pada sistem Bretton Woods untuk diterapkan pada emas dan Dolar Amerika Serikat. 

Sejak itu, dolar milik Amerika Serikat lah yang kemudian lebih dikenal dunia dan lebih fleksibel untuk dibawa dan digunakan dimana saja ketimbang menggunakan alat tukar berupa emas. Metode yang dipakai adalah dengan menggunakannya sebagai alat pembayaran universal yang mana setelah digunakan, akan diback up dengan nilai emas yang berlaku. 

Pada saat itu, banyak negara di dunia yang menggunakan emas sebagai alat tukar dalam transaksi perdagangan ketimbang menggunakan uang kertas. Umumnya, masyarakat akan menukarkan uang kertas yang mereka miliki ke kantor resmi pemerintahan yang menjadi tempat penyimpanan stok emas sebelum mereka akan melakukan transaksi perdagangan. 

Amerika Serikat sebagai negara yang memenangkan Perang Dunia II menjadi satu-satunya negara dengan cadangan emas yang paling besar di dunia yaitu sekitar 3/4 dari seluruh cadangan yang ada di muka bumi ini. Setelah Perang Dunia II, kondisi perekonomian berbagai negara dunia mengalami kehancuran karena perang kecuali Amerika Serikat. Sehingga menyebabkan berbagai negara pun sangat bergantung pada pinjaman yang diberikan oleh Amerika Serikat untuk bisa pulih dari kehancuran ekonomi yang mereka alami. 

Dan dalam perjanjian tersebut memuat persetujuan dimana berbagai negara yang mengadakan perjanjian Bretton Woods bisa mendapatkan pinjaman berupa Dolar Amerika Serikat dimana sebagai perbandingan untuk harga satu dolar AS pada waktu itu sama dengan 1 per 35 ons emas murni. 

Kemudian Amerika Serikat menerima setoran emas yang dimiliki oleh negara peminjam yang secara otomatis membuat Amerika menguasai hampir keseluruhan emas yang ada di dunia dan menjadikan dolar AS menjadi mata uang yang nilainya didukung penuh oleh emas. 

Hingga saat ini, posisi Dolar Amerika sebagai mata uang dunia tak akan mudah untuk tergeser karena mata uang tersebut akan tetap dibutuhkan oleh berbagai kalangan masyarakat dunia.  Amerika Serikat sendiri adalah sebuah negara yang memiliki tingkatan perdagangan terbesar kedua setelah negara Tiongkok yang otomatis membuat permintaan pada dolar AS pun tetap tinggi. 

Untung Rugi Gunakan Emas Sebagai Alat Pembayaran

Pada saat sebelum perjanjian Bretton Woods diberlakukan, masih banyak negara yang menggunakan emas sebagai nilai tukar barang. Memang ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika Kita menggunakan emas sebagai alat tukar. Diantaranya adalah sebagai berikut. Yaitu bahwa emas memberikan efek stabilisasi pada perekonomian sebuah negara. 

Dimana pemerintah setempat tak perlu mencetak uang kertas dalam jumlah banyak, uang diperlukan hanyalah sebanyak jumlah emas yang dimiliki saja. Hal ini juga memiliki fungsi tersendiri yaitu  untuk menghambat laju inflasi dan meminimkan terjadinya defisit pada anggaran serta hutang yang dimiliki. 

Penggunaan emas juga bisa membuat sebuah negara menjadi lebih produktif. Yaitu ketika masyarakat atau pedagang akan lebih termotivasi untuk melakukan perdagangan lebih banyak karena peluang untuk mendapatkan emas yang lebih banyak. Begitu juga dengan Dolar Amerika. 

Namun menurut ensiklopedia Britannica, menggunakan emas sebagai alat tukar juga memiliki kerugian tersendiri. Kerugian yang bisa dialami adalah ketiadaan fleksibilitas dalam hal penyediaan uang sehingga menjadikan tolok ukur sehat atau tidaknya sebuah negara menjadi tak jelas. 

Resiko Uang Dolar Menjadi Mata Uang Dunia

Meski hingga saat ini mata uang Dollar masih menjadi mata uang dunia dengan posisi yang sangat kuat, namun dibalik itu semua ada tanggung jawab dan beban yang harus ditanggung oleh pemerintah Amerika Serikat selaku pemilik mata uang Dollar Amerika. Diantaranya adalah harus bisa mempertahankan kepercayaan dari masyarakat dunia pada mata uang dolar. Karena jika masyarakat dunia sekali saja tak mempercayai dollar, jika hal itu terjadi, maka nilai tukar mata uang dolar akan langsung jatuh drastis. 

Hal yang kedua adalah akan sangat sulit untuk mengendalikan likuiditas yang dimilikinya. Itulah yang menjadi resiko dari mata uang dolar ketika menjadi mata uang dunia. Meski menurut sebuah kabar, mata uang dunia akan digantikan dengan Euro namun sepertinya hal itu masih harus melalui proses yang sangat panjang dan lama. 

Kriteria yang Harus Dipenuhi Sebuah Negara untuk Menjadi Mata Uang Dunia

Bahwa mata uang dolar bisa digantikan dengan mata uang lainnya menjadi mata uang dunia adalah ketika negara tersebut memiliki mata uang memiliki  kriteria sebagai berikut. 

  • Memiliki kekuatan ekonomi yang cukup besar

Kriteria yang pertama adalah dimana sebuah negara harus memiliki kekuatan ekonomi yang besar. Dimana tolok ukurnya bisa  dilihat dari GDP dan transaksi yang dilakukan di luar negeri, bukan dari banyaknya emas yang dimilikinya saat ini. 

  • Memiliki kekuatan militer yang tangguh dan disegani

Kriteria yang kedua adalah memiliki kekuatan militer yang bagus. Menurut data militer, Amerika Serikat menduduki peringkat paling atas, setelah itu baru ada negara Tiongkok dan Rusia. 

  • Memiliki kekuatan diplomasi luar negeri

Bahwa mayoritas negara yang ada di dunia ini akan lebih menyukai untuk mengadakan transaksi dengan negara yang bersahabat dengannya. Dan negara Amerika Serikat sendiri menjalin persahabatan bukan hanya dengan kekuatan senjata saja, namun juga dengan memberikan banyak pinjaman, hibah dan investasi yang dilakukan di berbagai negara dunia. 

Hal itulah yang menjadikan banyak negara di dunia tak menolak untuk menggunakan dolar Amerika Serikat sebagai mata uang harian mereka ataupun sebagai cadangan devisa yang mereka miliki. Sedangkan mata uang yang dimiliki oleh negara yang tersisih dan terkucilkan seperti Korea Utara justru akan ditolak dimana-mana. Banyak masyarakat yang ragu untuk menggunakan mata uang tersebut karena sudah tak ada kepercayaan pada mata uang dari Korea Utara tersebut. 

Mata uang Rupiah pun masih banyak ditolak oleh  berbagai negara di luar sana karena banyak masyarakat dunia yang kurang percaya pada mata uang Rupiah. Sehingga jika Anda akan melakukan transaksi jual beli di luar negeri, akan lebih mudah dan cepat jika Anda menggunakan mata uang dollar. 

Faktor Yang Menjadikan Dolar Amerika Serikat Berpengaruh Pada Perekonomian Dunia 

Hingga detik ini, mata uang Amerika yaitu Dollar Amerika masih menjadi mata uang yang diakui di seluruh dunia serta memiliki pengaruh yang sangat kuat pada perekonomian dunia. Tentunya hal itu terjadi karena beberapa faktor yang ada. Berikut ulasannya kami bagikan untuk Anda. 

  • Amerika Serikat memiliki GDP atau Gross Domestic Product terbesar dalam perekonomian dunia yang menjadi alasan pertama mengapa dolar Amerika begitu berpengaruh pada kehidupan perekonomian dunia. 

Dimana GDP ini menggambarkan kekuatan perekonomian suatu negara, sehingga semakin tinggi volume transaksi lintas negara beserta GDP yang dimilikinya, maka semakin tinggi pula permintaan yang dimiliki negara lain pada mata yang dolar AS. 

  • Amerika Serikat memiliki kekuatan militer yang besar dan kuat. Banyak yang menggunakan mata uang dolar sebagai cadangan devisa karena mata uang ini dianggap memiliki  nilai yang tetap stabil. Hal ini sangat wajar karena Amerika Serikat menjadi negara yang aman dari ancaman keamanan. 

Amerika Serikat memiliki kekuatan militer yang sangat kuat, apalagi didukung dengan posisi Amerika Serikat menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang hanya berjumlah 5 negara saja. Maka semakin banyak negara yang berminat untuk menyimpan cadangan devisa negara mereka dalam bentuk mata uang dollar. 

  • Amerika Serikat menjadi pemenang Perang Dunia II

Dimana peran Amerika Serikat cukup penting dalam pemulihan perekonomian berbagai negara yang hancur karena Perang Dunia II. 

  • Amerika Serikat memiliki politik dan pemerintahan yang stabil. 

Amerika Serikat meski berganti kepemimpinan selama beberapa kali ditambah dengan kepemimpinan yang kontroversial sekalipun masih tetap terbilang stabil. Hal itu dikarenakan nilai demokrasi yang sudah tertanam sejak dahulu. 

  • Dolar Amerika menjadi mata uang yang paling stabil. Di dunia perekonomian, mata yang dolar memiliki pergerakan yang relatif lebih stabil. Nilai tukar dolar pun cukup tinggi meski tak begitu liar

Tips Cerdas Investasi dengan Mata Uang Dolar

Nah jika Anda berminat untuk melakukan tips yang cerdas untuk melakukan investasi dengan mata uang dollar maka perhatikan beberapa tips berikut. 

  1.  pembelian pada saat harga dolar turun
  2. Miliki patokan keuntungan dan kerugian yang bisa didapatkan
  3. Miliki jangan terlalu lama menyimpan dolar. Batasi maksimal tak lebih dari 12 bulan
  4.  tukar dolar sangat sulit untuk diprediksi untuk jangka waktu panjang. Jadi pastikan untuk melakukan survei sebelum menjual dan membeli dolar. Cari tempat yang memiliki harga beli paling rendah dan harga jual dolar paling tinggi sehingga Anda bisa tetap mendapatkan profit dari hal tersebut.

Itulah beberapa ulasan khusus tentang mata uang dollar sebagai mata yang dunia. Ada banyak faktor yang berperan dan memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam proses mata uang Dollar Amerika menjadi mata uang dunia. Semoga bermanfaat. 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *