Chinese Depositary Receipt

Definisi CDR (Chinese Depositary Receipt)

Anda pasti sudah mengenali bursa efek, kan? Tempat tersebut tentunya sebagai pasar internasional yang berkaitan dengan penjualan dan pembelian efek dari berbagai perusahaan yang telah terdaftar pada bursa. Penjualan dan pembelian efek yang dimaksud yakni berkaitan dengan modal perusahaan.

Setiap negara biasanya memiliki bursa efek. Seperti Bursa Efek di China, mereka memiliki Chinese Depositary Receipt (CDR). CDR ini menjadi suatu tanda terima penyimpanan alias DR pada bursa efek di China. Dalam artian, perusahaan yang menyimpan efek pada bursa efek di China akan mendapatkan tanda penyimpanan DR. 

Mengenal Chinese Depositary Receipt (CDR)

Perlu diketahui bahwa setiap perusahaan yang menyimpan efeknya pada bursa efek maka akan mendapatkan tanda terima penyimpanan. Tanda tersebut disebut sebagai Depositary Receipt (DR). Bursa Efek setiap negara biasanya mempunyai nama yang berbeda. Misal pada Amerika mereka menyebutnya ADR. Nah pada China disebut sebagai CDR.

Sejauh ini apakah Anda sudah dapat memahaminya? Lalu, apa itu tanda terima penyimpanan? Tanda ini merupakan suatu sertifikat yang dirilis oleh suatu perbankan. Bank yang ditunjuk tentunya tidak sembarangan. Mereka menjadi perwakilan ekuitas pada perusahaan asing.

Untuk CDR itu sendiri diterbitkan oleh bank custodian. Bank tersebut mewakili perkumpulan ekuitas asing yang diperdagangkan pada bursa Tiongkok.

Poin Penting Pada CDR

Ada beberapa poin penting yang sebaiknya Anda perhatikan mengenai Chinese Depositary Receipt (CDR). Berikut beberapa poin penting dari keberadaan CDR.

Pertama, CDR menjadi suatu tanda terima penyimpanan alias DR yang ada di China. Pasar perdagangan yang digunakan ialah Bursa Efek China.

Kedua, penerbitan CDR memiliki tujuan sebagai pengikat modal kembali ke pasar China. Hal tersebut tentu akan mendorong perekonomian di China. Raksasa Teknologi China tentunya secara tradisional akan mendaftar diri di luar pasar dalam negerinya.

Ketiga, regulator China sudah memberikan contoh CDR semenjak penerimaan penyimpanan Amerika alias ADR terdaftar di AS. Saham luar negeri tentunya dapat diperdagangkan dengan mudah di pasar daratan China.

Sistem Regulasi Pada CDR

Seperti apa yang sudah disinggung pada ulasan di atas bahwa pada dasarnya sistem regulasi pada CDR telah mengikuti arus ADR dari Amerika. Penerbitan dari CDR ini pastinya akan mendatangkan berbagai investor dari institusi dalam negeri dan perusahaan swasta China yang mempunyai saham di perusahaan asing.

Berbagai perusahaan teknologi di China telah mendaftarkan diri pada perusahaan luar negeri. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya suatu hambatan hukum serta teknis dalam penawaran umum perdana alias IPO di China Selatan. Selain itu juga dilakukan agar memperoleh akses ke pasar obligasi serta investor internasional.

Pembatasan IPO sebenarnya mencakup luas. Misalnya pada hak suara tertimbang serta persyaratan wajib mengenai profitabilitas pelamar. Perusahaan-perusahaan besar China juga sering didirikan di Kepulauan Cayman agar terhindar persyaratan sekuritas China serta mendapatkan akses untuk pasar modal asing.

Keuntungan Pada CDR

Chinese Depositary Receipt (CDR) memberikan banyak keuntungan bagi para investor domestik. Hal ini merupakan suatu tindakan untuk melakukan investasi yang menguntungkan pada perusahaan China yang telah terdaftar di luar negeri. 

China memang telah melahirkan pasar bisnis teknologi yang cepat. Pertumbuhan bisnisnya sangat fantastis. Sayangnya, para investor China tidak bisa melakukan pembagian keuntungan. Makanya CDR menawarkan berbagai upaya yang luar biasa sehingga pertumbuhan bisnis tersebut dapat kembali kepada China.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *