Binary Options scam

Apakah Binary Options Scam atau Tidak?

Bagi para trader, terutama yang masih sangat pemula, memahami perdagangan opsi biner adalah suatu hal yang wajib dilakukan. 

Opsi biner atau Binary options merupakan suatu pilihan finansial di mana setiap hasil yang akan didapatkan berupa pembayaran dalam jumlah tertentu. Atau bahkan, bisa saja seorang trader tidak bisa mendapatkan apapun sama sekali.

Pilihan finansial ini begitu penting, namun sering kali membuat para trader menjadi rugi. Tidak jarang, hal inilah yang membuat Binary option dianggap sebagai scam atau penipu. 

Padahal, ada berbagai alasan kenapa Binary option bukan scam dan harus senantiasa dipahami. Apabila Anda masih merasa bingung dengan pilihan tersebut, berikut kami sampaikan beberapa ulasannya.

Memahami Binary Option

Binary options (opsi biner) atau yang juga sering disebut dengan opsi digital adalah sejenis pilihan di mana para trader akan memutuskan Ya atau Tidak pada harga saham atau aset lainnya. Supaya lebih paham apa itu opsi biner dan tidak mudah tertipu, berikut kami sampaikan beberapa cara mudah untuk memahaminya.

  1. Memahami berbagai istilah yang penting

Pemahaman yang baik terhadap istilah-istilah dalam trading termasuk opsi biner ini adalah sebuah keharusan bagi Anda yang ingin sukses dalam trading. Dalam dunia opsi biner, ada dua istilah yang sering disebutkan, yakni Put dan Call. 

Jika Anda berpikir dan yakin harga pasar saham akan naik, maka Anda dapat memilih “Call” dan sebaliknya, Anda dapat memilih “Put” jika yakin bahwa harga di masa depan akan lebih rendah dibanding saat ini.

Selain itu, mempelajari berbagai waktu kadaluarsa opsi beserta potensi pengembalian juga menjadi hal yang penting. Apabila opsi yang dipilih berada pada jauh di atas harga tertentu, maka Anda akan mendapatkan sejumlah uang dan keuntungan. Sebaliknya, jika harganya di bawah maka resikonya Anda tidak akan mendapatkan apa-apa.

Sejatinya ada berbagai istilah lain yang mesti Anda pahami. 

Namun seiring berjalannya waktu, tentunya semua istilah tersebut akan dengan mudah Anda ketahui. Apabila ragu, jangan segan untuk bertanya kepada sesama trader, memanfaatkan internet dan pencariannya, atau mencari informasi melalui akun-akun media sosial yang banyak membahas tentang trading saham tersebut.

  1. Paham betul biaya dan tempat pembelian

Supaya Anda memiliki alasan kenapa Binary option bukan scam, maka sudah pasti Anda sebagai trader harus paham betul di mana tempat memilih opsi tersebut dan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini tentu tidak serta merta dapat diketahui sehingga Anda wajib mempelajarinya.

Opsi biner sangat populer di Eropa dan Amerika Serikat. Oleh karenanya, Anda perlu paham berbagai bursa utama seperti EUREX atau NADEX/CBOT yang merupakan bursa penawaran perdagangan opsi biner utama di kawasan tersebut.

  1. Paham Sistem Perdagangan Opsi Biner

Untuk bisa memahami lebih jauh mengenai opsi biner, seorang trader harus mengetahui akan ada dua kemungkinan hasil yang akan terjadi, yakni untung besar atau malah sebaliknya, tidak mendapatkan apapun. 

Di tengah kondisi pasar seperti saat ini, saham atau aset cenderung memiliki harga yang fluktuatif. Dengan kondisi yang demikian, seorang investor juga harus mengetahui pergerakan setiap mata uang yang dibelinya. 

Oleh karenanya, proses analisis yang jeli sangat dibutuhkan dengan melakukan berbagai pertimbangan supaya tidak beresiko kehilangan uang. Terlebih sifat opsi biner lebih sederhana karena hanya membutuhkan prediksi pergerakan dari harga saham tersebut.

Pemahaman terhadap opsi biner tidak hanya terbatas pada istilah dan sistem saja. Berbagai biaya, persyaratan, dan potensi keuntungan juga merupakan hal yang wajib dipahami sehingga Anda dapat mengetahui dengan jelas alasan kenapa Binary option bukan scam. Supaya lebih paham lagi dengan opsi biner ini maka Anda perlu sedikit jeli dan memainkan intuisi untuk mengambil keputusan opsi.

Cara Kerja Opsi Biner

Ada berbagai macam iklan yang sering kita lihat mengenai opsi biner ini sehingga tidak dapat dipungkiri jika kini kembali menjadi perbincangan. Banyak orang kemudian menginginkan investasi dengan metode opsi biner tersebut. Padahal jika kita tinjau dari cara kerjanya, Binary option atau opsi biner ini bukanlah sebuah instrumen investasi yang dapat digunakan dalam jangka panjang. 

Perlu dipahami terlebih dahulu jika investasi adalah cara kita menempatkan dana untuk jangka panjang dengan harapan nominal naik di waktu yang akan datang. Malahan nyatanya, karakter Binary option juga cenderung merupakan jangka pendek. Akan tetapi, keuntungan dari kenaikan harga instrumen yang diperdagangkan sebenarnya sama-sama bergerak sesuai dengan kondisi pasar. 

Di sisi lain, cara kerja Binary option ini sangatlah sederhana, yakni Anda juga hanya perlu menebak berapa nilai suatu aset dalam waktu yang telah ditentukan. Tebakan yang diambil yakni harga atau nilai tersebut dapat naik atau turun dalam kurun waktu tersebut. Jika benar, maka Anda akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan ketentuan awal.

Binary option ini memungkinkan para trader membeli kontrak dari aset tertentu untuk mendapat keuntungan pada saat kontrak tersebut akan kadaluarsa. Apalagi dalam menjalankan trading dengan Binary option ini, Anda perlu melakukan prediksi nilai aset dalam jangka waktu tertentu yang sudah ditentukan. 

Adapun jangka waktu yang dimaksud biasanya berkisar 1-5 menit saja dan jika ingin menambah waktu transaksi sampai periode selanjutnya, Anda dapat menggunakan fitur Roll Forward. Karena tidak perlu memperhatikan grafik sepanjang hari, maka kegiatan trading seperti ini dapat Anda lakukan meskipun tidak mempunyai pengalaman sebelumnya.

Langkah Aplikasi Binary Option

Salah satu alasan mengapa opsi biner sangat diminati serta alasan kenapa Binary option bukan scam adalah keuntungan yang bahkan dapat diketahui sejak awal. Bahkan, besaran keuntungan yang dapat diperoleh bisa mencapai 90%. Tidaklah mengherankan jika para trader pemula pun pada akhirnya memilih Binary option ini.

Untuk dapat lebih sukses dalam menjalankan perdagangan menggunakan opsi biner, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perlu lakukan. Berikut kami rangkum beberapa hal yang dimaksud sehingga menjadikan Anda semakin mudah menghadapi berbagai keuntungan.

Memilih jenis aset dan menentukan broker

Hal pertama dan penting untuk dilakukan adalah menentukan aset apa yang akan digunakan dalam trading. Ada beberapa pilihan yang kerap digunakan, yakni saham, mata uang asing (valas), hingga berbagai komoditas. Dengan banyaknya opsi yang dapat dipilih, sangat disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui aset mana yang dapat memberi keuntungan paling besar.

Kemudian, pastikan juga Anda memilih broker yang menyediakan layanan trading dengan sistem opsi biner. Namun, pastikan broker yang dipilih bukanlah broker abal-abal. Pilihlah broker yang tepat sehingga semakin mendatangkan keuntungan.

Memahami langkah-langkah trading

Pada saat sudah siap dengan berbagai resiko dan kemungkinan yang akan terjadi, maka tidak ada salahnya untuk langsung mencoba menjalankan perdagangan opsi biner tersebut. Selalu pastikan juga Anda tidak lupa menyetor deposit sesuai ketentuan.

Selanjutnya, jangan sampai lupa untuk memaksimalkan keuntungan dengan mendalami potensi yang ditawarkan. Bandingkan dengan berbagai broker yang tersedia sehingga akan ada banyak gambaran keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Memanfaatkan strategi early exit

Saat melakukan trading, Anda akan dihadapkan pada arah pergerakan modal. Oleh karenanya, diperlukan berbagai strategi untuk menjaga kestabilan keuntungan. Tidak hanya memilih opsi “Put” dan “Call” saja, namun pastikan Anda juga menggunakan strategi lain untuk menghindari kerugian.

Anda dapat menggunakan strategi early exit yang cukup mudah dilakukan. Caranya, yakni dengan keluar sebelum masa berlaku kontrak habis. Dengan begitu, Anda dapat melindungi trade aktif dan memaksimalkan promosi maupun bonus yang telah disediakan.

Menguji fitur demo

Banyak akun broker menyediakan fitur demo yang dapat digunakan oleh para trader pemula. Tujuannya, tidak lain sebagai penanda dan pembuktian alasan kenapa Binary option bukan scam serta sebagai pembeda kelebihan antara broker satu dengan yang lain.

Anda yang masih merasa pemula dan belum memiliki banyak pengalaman trading dapat menggunakan fitur ini untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Caranya yakni dengan memanfaatkan fitur yang tersedia lalu melatih diri dengan berbagai kemungkinan yang tersedia.

Apakah Binary Option Scamming (Penipuan)?

Di Indonesia, proses opsi biner ini masih menjadi perdebatan tersendiri di kalangan para pedagang trading. Hal inilah yang mungkin menjadikan banyak orang merasa kurang percaya diri dengan sistem Binary option tersebut.

Bisa dibilang, opsi biner membutuhkan transaksi yang bersifat langsung. Hal inilah yang membuat para trader begitu bersemangat karena transaksi dapat dilakukan dengan pasar aset yang lebih bervariasi dan risiko juga dapat diketahui sebelum transaksi dilakukan.

Kendati demikian, keuntungan besar juga dapat diketahui secara langsung karena meskipun digunakan sebagai spekulan, opsi biner juga dapat dipakai sebagai cara untuk menghindari terjadinya berbagai risiko. Terlebih jika instrumen dan pasar finansial yang dihadapi jauh lebih besar.

Seringkali, yang membuat opsi biner menjadi dianggap scam atau penipu adalah berbagai kekurangan yang dimiliki. Padahal, kekurangan tersebut tidak serta merta merupakan kesalahan broker. Salah satu kerugian yang paling banyak dirasakan adalah tidak semua negara mengizinkan opsi biner karena dianggap berkaitan erat dengan perjudian.

Padahal, keuntungan opsi biner ini sangatlah nyata meskipun tidak seperti investasi kebanyakan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan keuntungan. Di sisi lain, Binary option juga tidak mengenal berbagai sistem leverage, margin, ataupun floating yang khas dalam dunia trading dan investasi.

Memang, opsi biner membawa risiko paling tinggi terlepas dari pertukaran yang digunakan. Oleh karenanya, tidak jarang setiap negara memiliki regulasi yang ketat terhadap penerapan opsi biner ini karena dianggap berbahaya. 

Tips Menghindari Penipuan Binary Option

Selama Binary option masih eksis di dunia trading, tentunya scammers atau penipu tidak selalu mudah untuk dihindari. Mereka akan menggunakan segala macam cara untuk dapat menggaet korban barunya.

Setiap trader tentunya harus memiliki inisiatif untuk menghindari penipuan ini. Selalu waspada dan tetap menjalankan trading secara maksimal tentunya dapat membantu. Dengan begitu, supaya tidak terkena kerugian akibat penipuan opsi biner, tentu saja ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan. 

Hal yang cukup penting sebenarnya adalah benar-benar paham berbagai istilah dan teknis cara kerja dari opsi biner itu sendiri. 

Jadi, Anda tidak akan bingung lagi dalam menjalankan trading opsi biner tersebut. Nah, selain mengetahui berbagai istilah dan teknis layanan yang dihadapi pada opsi biner tersebut, berikut sejumlah tips lain yang dapat diaplikasikan.

a. Mengetahui cara penafsiran harga.

Salah satu alasan kenapa Binary option bukan scam adalah karena harga yang dapat ditafsirkan secara mudah. Harga di mana opsi biner ini diperdagangkan merupakan suatu indikator kemungkinan kontrak yang harus dijalani oleh setiap broker. Kemungkinan ini biasanya akan berakhir dengan in-the-money atau out-of-the-money. 

Jika kemungkinan akhir adalah in-the-money, maka dengan kata lain akan mendatangkan pengembalian investasi dan mendatangkan keuntungan buat Anda sebagai trader. Sebaliknya, apabila kemungkinan opsi biner tersebut adalah out-of-the-money, maka sudah dipastikan trader akan kehilangan investasi awal pada kontrak biner, bahkan cenderung tidak mendapatkan apapun.

b. Meningkatkan pengetahuan dan pengalaman

Anggapan bahwa opsi biner mirip dengan perjudian memang tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi, tentunya opsi biner memiliki regulasi yang sangat ketat dan pastinya harus dijalankan secara penuh tanggung jawab.

Kendati demikian, Binary option ini sangat membutuhkan keterampilan, pengetahuan, pengalaman, dan keberanian yang cukup besar untuk bisa menjalankannya secara konsisten. Dengan begitu, pastikan kembali Anda melakukan cukup banyak perdagangan opsi untuk menghasilkan keuntungan secara kontinyu.

Untuk menambah pengetahuan, tidak ada salahnya jika Anda bertanya pada orang-orang yang sudah ahli maupun mencari berbagai referensi di buku atau internet. Semua ilmu yang didapat perlu diaplikasikan secara tepat sehingga memperkecil kemungkinan rugi yang buruk.

c. Memahami saham atau aset yang mendasari

Sebelum melanjutkan proses perdagangan menggunakan opsi biner, perlu diketahui terlebih dahulu jika Binary option ini memperoleh nilai finansial dari aset yang mendasarinya. Hal ini penting karena tidak semua aset tersebut memang berasal dari tempat dan sumber yang tepat.

Oleh karenanya, pastikan Anda juga sudah mengenal pasar keuangan yang relevan dan mengetahui secara detail di mana aset tersebut diperdagangkan. Jangan sampai tempat perdagangan tersebut bereputasi buruk sehingga dapat membuat Anda berhadapan dengan risiko yang besar.

d. Memilih broker yang terjamin

Tempat pengaplikasian metode opsi biner ini kini dapat ditemukan di mana saja, baik yang berupa aplikasi maupun website. Tentunya, wajib diperhatikan kembali apakah reputasi yang dimilikinya sudah sangat baik dan dapat dipercaya, serta memiliki aturan dasar yang jelas.

Platform perdagangan yang buruk akan semakin memperbesar kesempatan Anda mengalami kerugian, jadi selalu pastikan Anda tidak mudah tergoda dengan platform yang abal-abal. Pilihlah yang memang memiliki rekomendasi bagus dari para trader dan sudah terbukti memberikan banyak keuntungan dan kemudahan pelayanan.

e. Menahan godaan dari pialang penipu

Ada banyak hal yang pada akhirnya menyeret trader ke jurang penipuan menggunakan opsi biner ini, salah satunya godaan bonus dari para pialang. Bonus yang dimaksud dapat berupa uang gratis yang diberikan pada platform trading online tertentu.

Ada berbagai kerugian yang dapat ditimbulkan, seperti menghabiskan investasi awal lebih cepat, mendapatkan pelayanan yang buruk, sehingga mengharuskan Anda berinvestasi sebelum melakukan withdraw. Semuanya ini cenderung akan membuat Anda semakin mudah mengalami kerugian besar.

Demikianlah sejumlah alasan kenapa Binary option bukan scam dan bagaimana cara mudah menghindari platform trading yang dapat memperbesar kerugian. Bagaimana, sudah cukup tertarik memulai opsi biner ini?