Beli Saham

Bagaimana Cara Membeli Stocks Online – Panduan Bagi Pemula

Saham bukan hanya sekedar investasi jangka panjang, tetapi sudah menjadi tren di banyak kalangan saat ini. Kegiatan membeli saham menjanjikan keuntungan finansial bagi para investor atau penanam modal di kemudian hari. Lalu bagaimanakah cara jual beli stocks (saham) online yang benar? Mari kita bahas secara lengkap dan jelas melalui artikel ini.

Pengertian Saham

Saham merupakan bukti kepemilikan nilai dari sebuah perusahaan atau dapat disebut juga sebagai bukti kepemilikan modal. Pemilik saham disebut sebagai investor yang menanamkan modal (investasi) pada suatu perusahaan dan memiliki hak untuk mendapatkan dividen.

Dividen yang diterima oleh pemilik saham tergantung dari jumlah saham yang dimiliki. Investor dapat membeli saham suatu perusahaan di pasar modal. Pasar modal adalah tempat untuk membeli berbagai instrumen keuangan yang dapat diperjualbelikan dalam jangka panjang seperti obligasi, saham, reksa dana, dan lain sebagainya.

Membuat Akun Saham untuk Mulai Berinvestasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mulai berinvestasi adalah memiliki akun saham. Anda dapat memilih salah satu dari beberapa broker terbaik di Indonesia maupun dunia untuk membuat akun saham. Pastikan Anda telah terhubung ke jaringan internet sehingga dapat mengunjungi situs resmi dari broker saham.

Terdapat 2 broker saham asing terbaik yang cukup populer di kalangan investor Indonesia. Kedua broker ini telah memiliki kredibilitas, regulasi, dan reputasi yang baik sehingga menjadi broker terpercaya. Broker-broker saham biasanya beroperasi tanpa libur yaitu selama 24 jam dan 7 hari.

Broker saham asing yang menyediakan berbagai fasilitas terbaik dengan pelayanan yang memuaskan untuk transaksi jual beli stock (saham) online adalah sebagai berikut:

#1 BDSwiss

BDSwiss merupakan sebuah perusahaan penyedia layanan keuangan berbasis online yang telah berlisensi dan diawasi oleh lembaga FSC Mauritius. Perusahaan ini juga termasuk dalam perusahaan sekuritas penyedia trading Forex dan platform trading online yang sangat direkomendasikan.

BDSwiss berdiri sejak 2012 dan berlokasi di Limassol, Siprus, saat ini BDSwiss telah memiliki kantor cabang di Jerman. Sejak didirikan, BDSwiss kini telah memiliki lebih satu juta akun investor yang terdaftar dengan volume trading yang mencapai 20 miliar Euro per bulan.

Anda dapat membeli saham secara online melalui fasilitas yang disediakan oleh BDSwiss untuk para investor. Selain itu, BDSwiss juga menyediakan berbagai pilihan produk-produk investasi yang dapat dipilih dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan.

Panduan Lengkap Daftar Saham di BDSwiss

Jika Anda ingin melakukan transaksi jual beli stocks (saham) secara online melalui broker BDSwiss. Maka Anda perlu membuat akun dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu. Berikut ini langkah mudah melakukan pendaftaran akun di BDSwiss:

  1. Langkah pertama adalah mengunjungi website resmi BDSwiss di global.bdswiss.com melalui browser. Pastikan Anda memiliki sambungan jaringan internet dan kuota data yang cukup. Anda dapat membuka browser melalui perangkat komputer, laptop, maupun smartphone.
  2. Pada halaman utama website BDSwiss, klik tombol “Daftar Gratis” yang terdapat pada layar Anda.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman pengisian data diri untuk melakukan pendaftaran.
  4. Isilah nama depan dan nama belakang Anda sesuai dengan dokumen resmi atau kartu identitas Anda.
  5. Lalu pilihlah Negara tempat Anda tinggal
  6. Masukkan kode telepon berdasarkan Negara Anda, di Indonesia kode telepon adalah +62, kemudian isi juga nomor handphone Anda. Pastikan nomor handphone yang Anda masukkan adalah nomor yang aktif.
  7. Isi juga tanggal lahir Anda sesuai dengan yang tertera pada kartu identitas Anda
  8. Isilah email dan password untuk akun BDSwiss Anda, dan yang terakhir centanglah kotak kecil di samping “Dengan ini saya menyatakan bahwa saya berusia 18 tahun ke atas…”. Kemudian klik Kirim/Sent.
  9. Email verifikasi akan dikirimkan untuk memverifikasi akun Anda. Periksalah kotak masuk pada email Anda dan klik tautan yang terdapat dalam email untuk melakukan verifikasi akun.
  10. Selesai.

Cara Melakukan Deposit Dana di BDSwiss

Setelah Anda berhasil membuat akun dan terdaftar sebagai investor BDSwiss, maka langkah selanjutnya adalah melakukan deposit dana. Deposit dana adalah pembayaran modal awal yang dikirimkan ke rekening dana nasabah pada akun terdaftar. Berikut cara mudah untuk melakukan deposit di BDSwiss:

  1. Login ke dalam aku BDSwiss Anda
  2. Pilih menu deposit yang tersedia pada halaman utama setelah Anda melakukan login.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman menu bank transfer untuk melakukan pembayaran deposit
  4. Pilihlah metode pembayaran yang akan Anda gunakan, Anda bisa menggunakan bank transfer, online banking, atau kartu kredit.
  5. Selanjutnya pilih nominal deposit yang ingin Anda bayarkan, lalu klik continue.

Proses pembayaran tidak akan memakan waktu lama, deposit yang telah dibayarkan akan langsung masuk ke dalam akun BDSwiss Anda. Anda dapat menggunakan dana deposit untuk membeli saham atau berbagai produk finansial lainnya.

Panduan Membeli Saham di BDSwiss

Setelah berhasil melakukan pembayaran deposit, akun demo Anda akan berubah menjadi akun real yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual beli stocks (saham). Berikut ini panduan lengkap cara membeli saham di BDSwiss yang perlu Anda ikuti:

  1. Buka aplikasi BDSwiss, lakukan login menggunakan username dan password Anda
  2. Kemudian pilih akun real untuk menampilkan halaman trading khusus akun real.
  3. Pilih Trade yang berada pada bagian menu.
  4. BDSwiss menawarkan berbagai produk finansial yang dapat Anda pilih, jika Anda kesulitan memilih produk saham terbaik, Anda dapat memilih submenu Popular Shares.
  5. Pilih salah satu produk yang paling banyak mengalami penjualan.
  6. Untuk membeli saham, Anda perlu mengatur jumlah saham yang akan di beli, kemudian klik Buy
  7. Jika Anda ingin menjual saham yang telah dibeli, maka Anda hanya perlu menekan tombol Sell.

Pastikan Anda memilih produk saham yang memiliki resiko kerugian yang rendah dan memiliki profit menguntungkan. Gunakan fitur auto-stop loss untuk mengurangi resiko kerugian yang besar, dan membantu Anda mendapatkan keuntungan yang Anda inginkan.

Kelebihan BDSwiss

Broker BDSwiss yang merupakan broker asing memiliki beragam keunggulan yang perlu diketahui oleh para investor. Mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh broker akan memudahkan para investor untuk memilih broker sesuai dengan kebutuhan secara tepat. Berikut ini beberapa kelebihan dari broker BDSwiss yang perlu diketahui:

  • Regulasi: broker BDSwiss telah memiliki nomer lisensi 199/13 dari Cyprus-CySec yang merupakan lembaga pengawas keuangan internasional. Perusahaan BDSwiss juga tunduk terhadap regulasi dari Negara-negara Uni Eropa sehingga memberikan jaminan tentang reliabilitas broker dan transparansi setiap transaksi kepada para investor.
  • Pilihan aset beragam: BDSwiss memiliki lebih dari 171 aset yang dapat dibeli dan ditradingkan, diantaranya termasuk saham, indeks, mata uang, dan komoditas. 
  • Platform multibahasa: situs website resmi dari BDSwiss telah tersedia dalam 19 bahasa yang memudahkan para investor di seluruh dunia.
  • Platform terkenal: platform broker BDSwiss telah memiliki sistem operasi berbasis SpotOption yang merupakan produk untuk memecahkan eksplorasi platform sehingga menyediakan antar muka yang sederhana.
  • Terjangkau: BDSwiss dapat digunakan oleh semua investor dari berbagai kalangan dengan minimal jumlah deposit yang rendah yaitu hanya $100. Selain itu, volume trading mulai dari $5 saja, sehingga cocok untuk trader profesional maupun trader pemula tanpa resiko kerugian yang besar.
  • Persentase Pembayaran yang Tinggi: Para investor dapat meraih keuntungan hingga 85 persen pada setiap transaksi jual beli stocks (saham) yang dilakukan.

#2 Etoro

Etoro adalah sebuah perusahaan sekuritas atau broker sosial milik Israel, dan termasuk dalam startup fintech. Etoro didirikan pada tahun 2007 dan telah melayani berbagai klien seperti klien dari Inggris melalui FCA (Financial Conduct Authority) dan klien dari Australia melalui ASIC (Australian Secutities and Investment Commission). 

Klien dari Negara-negara lain diawasi melalui entitas dari Cypriot yang diatur oleh CySec (Cyprus Securities and Exchange Commission). Platform website resmi Etoro tersedia dalam 21 bahasa yang berbeda sehingga memudahkan para investor untuk membeli saham.

Etoro termasuk dalam salah satu broker terbaik yang cukup dikenal oleh investor pemula untuk memulai investasi. Anda juga bisa membeli saham melalui website resmi berbahasa Indonesia yang mudah dimengerti pada broker Etoro.

Panduan Lengkap Daftar Saham di Etoro

Jika Anda tertarik untuk melakukan transaksi jual beli Stocks (saham) melalui broker Etoro, maka Anda perlu memiliki akun yang terdaftar terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah mudah berikut ini untuk melakukan pendaftaran pada situs broker Etoro:

  1. Pertama-tama Anda perlu mengaktifkan VPN terlebih dahulu sebelum membuka website resmi dari Etoro. Anda dapat menggunakan VPN secara gratis di Google melalui situs Hola. 
  2. Setelah itu, silahkan berkunjung ke website Etoro melalui browser. Anda dapat menggunakan perangkat apapun untuk membuka browser baik perangkat komputer maupun perangkat selular.
  3. Pada halaman utama situs Etoro, Anda dapat menemukan tombol bertuliskan Join Now, klik tombol tersebut untuk melakukan pendaftaran akun. 
  4. Anda akan diarahkan menuju halaman pengisian data untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Isilah data diri Anda sesuai dengan identitas Anda dengan benar. 
  5. Setelah mengisi semua informasi yang dibutuhkan, klik create account.
  6. Email verifikasi akan dikirimkan melalui alamat email yang telah Anda masukkan sebelumnya. Bukalah email verifikasi dan klik tautan/verify now untuk melakukan verifikasi.
  7. Anda akan masuk ke halaman akun dan melengkapi data diri yang dibutuhkan. Anda sudah terdaftar di Etoro dan berhak untuk mencoba akun demo.

Cara Deposit Dana di Etoro

Deposit diperlukan untuk mengaktifkan akun real pada Etoro, sehingga Anda dapat melakukan transaksi jual beli saham di Etoro. Jumlah deposit dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan cara melakukan deposit pun cukup mudah. Berikut ini beberapa langkah untuk melakukan deposit di Etoro:

  1. Pada halaman utama akun Etoro Anda, klik menu Deposit Funds
  2. Kemudian layar Anda akan menampilkan form untuk melakukan deposit, isilah jumlah atau nominal deposit yang ingin Anda masukkan ke dalam akun Etoro Anda. 
  3. Lalu pilih metode pembayaran, Anda dapat memilih salah satu dari berbagai pilihan metode pembayaran seperti kartu kredit, Paypal, bank transfer, virtual money, dan lain sebagainya.
  4. Langkah terakhir adalah klik Pay lalu lakukan pembayaran dengan metode pembayaran yang telah Anda pilih.

Deposit yang telah Anda bayarkan akan langsung masuk ke dalam akun Etoro Anda, akun Etoro Anda akan berubah menjadi akun real sesuai dengan jumlah deposit yang Anda masukkan.

Panduan Jual dan Beli Saham di Etoro

Aktivitas jual beli Stock (saham) di broker Etoro secara online sangatlah mudah. Ikuti panduan lengkap berikut ini untuk melakukan transaksi di broker Etoro:

  1. Pada halaman akun real Etoro, terdapat beberapa pilihan menu yang tersedia. Pilih dan tekan tombol menu Trade Markets
  2. Jika Anda ingin membeli sebuah saham, maka pilihlah submenu yang bertuliskan Stocks. 
  3. Pilih salah satu saham yang menurut Anda adalah saham terbaik. Anda dapat memilih satu dari 3 jenis saham yang direkomendasikan oleh Etoro. 
  4. Setelah memilih saham, klik Buy untuk melakukan pembelian. 
  5. Jika Anda ingin menjual saham yang Anda miliki, maka Anda hanya perlu menekan tombol Sell.

Kelebihan Etoro

Beberapa kelebihan dari broker Etoro dapat dijadikan pertimbangan untuk memilih Etoro sebagai perusahaan sekuritas dalam melakukan pembelian saham secara online. Kenali beberapa kelebihan broker Etoro berikut ini:

  • Akun demo gratis: akun demo dapat digunakan oleh para investor untuk melakukan simulasi pembelian saham. Sangat cocok digunakan untuk belajar melalui praktik langsung sebelum membeli saham secara real. Etoro menyiapkan dana $100.000 berupa uang virtual pada akun demo secara gratis.
  • Deposit awal yang terjangkau: untuk memulai investasi, para investor perlu melakukan deposit dengan mengirim modal awal minimal sebesar $200. Metode pembayaran deposit yang dimiliki oleh Etoro pun sangat beragam.

Bagaimana Cara Beli Saham Perusahaan Indonesia di BEI?

Apakah Anda ingin membeli saham dari perusahaan-perusahaan di Indonesia melalui BEI? Jika iya, maka Anda perlu mengikuti beberapa aturan dan ketentuan yang berlaku. Berikut ini urutan yang perlu Anda ketahui untuk melakukan transaksi jual beli stock (saham):

1. Mendaftar di Broker Saham (Perusahaan Sekuritas)

Mengapa para investor memerlukan broker atau sekuritas? Sebab transaksi saham tidak dapat dilakukan oleh pembeli investasi. Investor memerlukan perantara yaitu melalui perusahaan sekuritas atau broker. Di Indonesia sudah banyak terdaftar perusahaan sekuritas yang terpercaya.

Perusahaan sekuritas yang terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan dapat Anda pilih sebagai perantara untuk melakukan transaksi pembelian saham atau stocks. Anda hanya perlu mendatangi kantor dari perusahaan sekuritas yang Anda pilih.

2. Membayar Dana Awal (deposit) ke Akun Saham

Jika Anda telah memiliki akun saham, Anda telah terdaftar sebagai seorang investor secara otomatis pada sistem JATS (Jakarta Automated Trading System). Nama Anda telah masuk ke dalam daftar investor di Indonesia secara resmi.

Selanjutnya para investor perlu memasukkan atau menyetorkan sejumlah uang yang akan digunakan sebagai modal awal untuk melakukan transaksi jual beli stocks (saham). Investor yang telah memiliki akun saham juga akan mendapatkan nomor RDN atau Rekening Dana Nasabah yang digunakan untuk menyimpan modal awal (deposit).

Nomor RDN bisa Anda dapatkan dari broker atau perusahaan sekuritas tempat Anda mendaftarkan akun Anda. Jumlah dana deposit yang wajib disetorkan tergantung dari kebijakan perusahaan sekuritas atau broker. Karena terdapat jumlah minimum yang harus disetorkan sebelum membeli saham.

Di Indonesia sendiri rata-rata jumlah yang perlu disetorkan oleh para investor minimal adalah 5 (lima) juta rupiah. Meski demikian, beberapa perusahaan sekuritas memiliki kebijakan yang dapat meringankan para investor dengan dana deposit minimal sebesar 100.000 rupiah saja.

Jika investor telah menyetorkan dana ke RDN sejumlah yang ditentukan, maka investor dapat melakukan transaksi jual beli saham secara resmi melalui perusahaan sekuritas.

3. Memilih Saham yang Tepat

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu memilih saham yang tepat sebelum membeli saham tersebut. Karena saham yang akan Anda pilih menentukan keuntungan atau kerugian di masa yang akan datang, sehingga diperlukan tahapan-tahapan sebelum memilih saham.

Sebaiknya Anda melakukan analisa fundamental terkait saham-saham yang akan Anda pilih untuk dibeli. Perhatikan beberapa hal seperti putaran keuangan dari perusahaan yang menjual saham, keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan, hingga laju peningkatan dari profit berdasarkan waktu. 

Anda perlu mempertimbangkan hal-hal yang telah disebutkan secara matang sebelum memilih saham yang terbaik. Selain itu, pastikan waktu yang digunakan saat memperhatikan saham merupakan waktu yang tepat. Maksudnya adalah jika saat ini harga saham sedang tinggi, Anda bisa membeli saham dikemudian hari atau saat harga saham mencapai harga terbaiknya.

Langkah penentuan waktu pembelian saham disebut sebagai analisa teknikal. Jika Anda membeli saham di perusahaan sekuritas tempat Anda mendaftarkan akun, Anda akan mendapatkan hak untuk mendapatkan panduan membeli saham. Perusahaan sekuritas juga menyediakan fitur menarik salah satunya adalah strategi memilih saham yang paling tepat untuk investor.

4. Membeli Saham sebagai Investasi

Beli stocks (saham) dapat dilakukan jika Anda telah selesai melakukan analisis dan riset secara matang dan menyeluruh. Sehingga Anda telah memutuskan dan menentukan saham yang paling tepat untuk dibeli. Membeli saham melalui perusahaan sekuritas adalah hal yang cukup mudah.

Berkat kemajuan teknologi saat ini, kita tidak perlu lagi datang ke kantor perusahaan sekuritas untuk membeli saham. Transaksi jual beli dapat dilakukan secara online berkat aplikasi yang disediakan oleh perusahaan sekuritas secara khusus.

Terdapat dua metode dalam melakukan pemesanan untuk pembelian saham yaitu:

  • Melakukan pembelian saham secara langsung melalui broker atau perusahaan sekuritas yang telah dipilih. Biasanya investor akan datang langsung ke kantor cabang atau melakukan panggilan telepon.
  • Cara kedua adalah melakukan pembelian secara online menggunakan media yang terdaftar di broker saham. Anda dapat menggunakan sistem online trading saham atau aplikasi yang tersedia untuk melakukan pembelian saham dengan hanya meng-input pemesanan dan melakukan pembayaran secara online.

Anda dapat mengikuti panduan membeli saham sesuai dengan perusahaan sekuritas yang Anda pilih. Para investor biasanya akan memilih cara kedua atau via online yang lebih efektif dan menghemat waktu. Aktivitas jual beli saham semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah investor di dunia saham.

Perlu diperhatikan, bahwa untuk melakukan transaksi pembelian secara online. Perusahaan sekuritas atau broker akan meminta investor untuk mengunduh dan menginstal aplikasi ke perangkat elektronik yang Anda gunakan. Anda dapat mengunduh software di berbagai perangkat seperti Android, iOS, Windows, dan lain-lain. 

Sejak tahun 2014, Otoritas Jasa Keuangan menetapkan jumlah minimal pembelian suatu saham yang disebut Lot. Istilah Lot menyebutkan jumlah minimal lembar saham yang dapat dibeli dalam satu kali transaksi, 1 Lot setara dengan 100 lembar saham. Anda bisa membeli saham dari perusahaan mana pun dengan minimal 100 lembar saham atau 1 Lot.

5. Menjual Saham

Karena harga saham selalu mengalami pergerakan, terdapat satu waktu dimana harga saham mengalami peningkatan sehingga menjadi lebih mahal dibanding harga beli stocks. Pada waktu inilah Anda perlu menjual saham untuk mendapatkan keuntungan. Jika kalian telah menemukan waktu yang tepat untuk melakukan penjualan saham-saham yang telah dibeli, maka kalian perlu melakukan penjualan.

Menjual saham dalam dunia saham disebut dengan istilah profit, dimana Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli. Jika Anda melihat grafik saham mengalami peningkatan yang cukup tinggi, kemungkinan profit yang Anda dapatkan menjadi lebih banyak.

Anda dapat mengikuti panduan membeli saham sesuai dengan broker atau perusahaan sekuritas yang Anda miliki. Ada pula kebijakan yang ditetapkan oleh perusahaan sekuritas atau broker untuk melakukan penjualan saham.

Jika Anda membeli saham dan menjual saham pada hari yang sama, maka hari tersebut memiliki istilah day trade di dunia persahaman. Anda tidak perlu menunggu hari berikutnya jika ingin menjual saham, sebab jual beli stocks (saham) dapat dilakukan kapan saja.

Kesimpulan

Berkat perkembangan teknologi yang semakin maju, transaksi pembelian dan penjualan saham menjadi lebih mudah dan cepat. Perusahaan sekuritas juga menjadi lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan nasabah berkat sistem transaksi yang aman dan terlindungi.

Transaksi finansial tidak membutuhkan waktu yang lama dan dapat dilakukan kapan saja. Investor dapat melakukan pembelian saham secara online dengan berbagai pilihan metode setoran dan penarikan. Bagi pemula, hal ini merupakan kabar baik karena dapat memudahkan para pemula di dunia saham.

Transaksi jual beli stocks (saham) online dapat dilakukan melalui broker BDSwiss dan Etoro yang terpercaya dengan jaminan keamanan yang diawasi oleh lembaga keuangan internasional dan berlisensi. Jangan ragu untuk memulai investasi sejak sedini mungkin.

FAQ

Apakah semua orang bisa membeli saham?

Ya, semua orang yang telah terdaftar sebagai investor di sebuah perusahaan sekuritas dapat membeli saham atau produk investasi lainnya. Namun sebaiknya perlu mempelajari analisa dan riset untuk memilih saham yang hendak dibeli terlebih dahulu.

Apakah kelebihan dari broker saham online?

Kemudahan dalam membuat akun baru dan melakukan proses jual beli saham secara online. Investor akan lebih menghemat waktu, efisien, dan efektif dalam membeli saham tanpa perlu mengunjungi kantor cabang dari broker atau perusahaan sekuritas.

Berapa jumlah minimum pembelian saham?

Jumlah minimal pembelian saham adalah 1 Lot yang berarti 100 lembar saham. Harga saham yang dibeli per lot dapat berbeda-beda tergantung dari perusahaan yang memiliki saham tersebut. Harga saham juga cenderung mengalami pergerakan sehingga tidak memiliki harga tetap.

Apakah sulit untuk melakukan transaksi jual beli saham melalui perusahaan sekuritas?

Tidak, sangat mudah sekali. Berkat kemajuan teknologi yang mendukung perusahaan sekuritas saat ini, para investor dapat melakukan transaksi jual beli secara online. Perusahaan sekuritas juga menyediakan software atau aplikasi khusus yang dapat memantau saham melalui akun pribadi dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Apakah broker BDSwiss dan Etoro Aman?

Broker BDSwiss dan Etoro merupakan salah satu dari perusahaan sekuritas terbesar dan paling dikenal di dunia persahaman. Kedua broker tersebut telah memiliki regulasi yang baik dan mendapatkan sertifikasi dari berbagai lembaga keuangan internasional.